MRT Jakarta Bakal Sediakan Kereta Khusus Perempuan, Seperti juga KRL

Ratangga, moda raya terpadu (MRT) yang akan melayani warga Jakarta. (JPC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Moda Terpadu Raya (MRT) Jakarta berupaya menjadi angkutan transportasi publik yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Di antaranya menyediakan kereta khusus perempuan.

Ketersediaan itu diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mendampingi mendampingi Iriana Joko Widodo bersama dengan anggota OASE Kabinet Kerja, Senin (18/3).

Dia mengatakan, ke depannya MRT Jakarta menyediakan kereta (gerbong) khusus untuk penumpang perempuan dalam setiap rangkaian. Rencananya akan ditempatkan di kereta ketiga atau keempat. Kereta khusus itu untuk memberikan kenyamanan untuk penumpang perempuan. “Berlaku pada jam sibuk. Saya pikir kalau desak-desakan kan bahaya,” ujar Budi Karya.

Ketersediaan kereta perempuan ini sama seperti yang diterapkan oleh PT KCI dalam operasional kereta rel listrik (KRL). Di setiap rangkaian itu terdapat dua kereta khusus perempuan. Semuanya terdapat di kereta paling depan dan belakang.

Sebagaimana diketahui rangkaian MRT Jakarta bernama Kereta Ratangga. Kereta itu saat ini sedang menjalani tahap uji coba pengangkutan penumpang yang berlangsung sejak Selasa (12/3) hingga Sabtu (24/3) mendatang.

Senin (18/3), ibu negara Iriana Jokowi bersama istri para menteri Kabinet Kerja ikut merasakan suasana pelayanan transportasi publik tersebut. MRT ini groundbreaking-nya dilakukan oleh Jokowi yang ketika itu menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, pada 2013 lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...