PM Selandia Baru Bersumbah Hukum Berat Peneror Masjid

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, CHRISTCHURCH–Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern berjanji pelaku yang bertanggung jawab atas pembantaian jemaah di dua masjid pekan lalu akan mendapat hukuman berat.

“Dia mencari banyak hal dari tindakan terornya, tetapi ada yang terkenal – itulah sebabnya Anda tidak akan pernah mendengar saya menyebutkan namanya,” kata Ardern dalam pidato emosional pada pertemuan khusus Wellington, empat hari setelah pembantaian di selatan kota Christchurch.

“Dia adalah seorang teroris. Dia adalah seorang penjahat. Dia adalah seorang ekstremis. Tetapi ketika saya berbicara, dia tidak akan disebutkan namanya,” katanya.

Pria Australia, Brenton Tarrant, 28, ditangkap oleh polisi dan telah didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan, tetapi Ardern meyakinkan parlemen tuduhan lain akan mengikuti. “Dia akan menghadapi kekuatan penuh hukum di Selandia Baru,” katanya.

Ardern telah menjanjikan reformasi undang-undang senjata Selandia Baru yang memungkinkan Tarrant secara sah membeli senjata yang digunakannya dalam serangan itu, termasuk senapan semi-otomatis.

“Orang yang melakukan tindakan-tindakan ini bukan dari sini. Dia tidak dibesarkan di sini. Dia tidak menemukan ideologinya di sini. Tetapi itu tidak berarti bahwa pandangan yang sama tidak hidup di sini,” katanya. (bs)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...