USBN SMA/SMK Sulsel Berbasis Android

Selasa, 19 Maret 2019 - 20:47 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sukses menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berbasis android tiga tahun terakhir, Dinas Pendidikan Sulsel kembali mengulangi kesuksesan tersebut pada penyelenggaraan tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo pun memberi perhatian lebih terhadap penyelenggaraan USBN dan UNBK Berbasis Android tahun ini. Itu ditunjukkan dengan turun langsung memantau pra dan saat pelaksanaan ujian di daerah-daerah.

Irman yang kerap disapa None, mengawali pemantauannya di Kabupaten Kepulauan Selayar pekan lalu selama dua hari (11-12 Maret 2019). Ia menyaksikan langsung gladi ujian di tiga sekolah di Selayar; SMAN 1, SMKN 2, dan SMAN 2 Selayar. Ia mengecek kondisi jaringan dan fasilitas pendukung ujian.

Mantan penjabat Bupati Luwu Timur ini kemudian melakukan road show ke wilayah Luwu raya yang ia awali di Kabupaten Luwu Timur, Minggu (17 Maret 2019.

Usai menunaikan tugas mewakili Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Luwu Timur, None tidak langsung kembali ke Makassar. Ia menyisir daerah-daerah selama dua hari yakni Senin-Selasa (18-19 Maret 2019).

Daerah yang ia pantau bersama rombongan kecilnya yakni Luwu Timur, Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap, Kota Parepare, hingga Kabupaten Barru.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian sekolah berbasis android terlaksana dengan baik di seluruh SMA dan SMK se Sulsel,” ujar None, Selasa (18/3/2019) di sela-sela kunjungannya ke sejumlah sekolah SMA dan SMK di Palopo.

Inovasi terbaru yang dilakukan Disdik Sulsel, diakui None, memiliki banyak manfaat karena mudahnya infrastruktur untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis android ini. Siswa pun tidak dibebankan untuk membawa laptop sendiri.

“Bedanya dengan Android, tidak akan bebankan siswa. Sebab saat ini hampir semua siswa sudah memiliki android. Dan Alhamdulillah sudah diuji coba di Sulsel,” terang Irman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *