Cetak 1.164 Lulusan Baru, Rektor Unismuh Minta Wisudawan Ikut Sertifikasi

Rabu, 20 Maret 2019 - 14:03 WIB
FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Dr Abd Rahman Rahim, meminta 1.164 lulusan barunya untuk mengikuti sertifikasi kompetensi. Hal tersebut dianggap bisa menambah peluang mereka agar mudah terserap di dunia kerja.
Dia mengungkapkan, saat ini tingkat pengangguran lulusan universitas masih berada di angka 5,88 persen. Salah satu faktornya, karena para lulusan hanya mengejar pekerjaan pada sektor formal saja.
Berdasarkan data tersebut, Rahman menganggap lulusan baru mesti memiliki keahlian khusus. Apalagi kebutuhan dunia usaha saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi tersertifikasi.
“Saya mendorong untuk mengikuti sertifikasi kompetensi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi nasional yang dewasa ini sudah banyak ditawarkan,” ujarnya, di hadapan wisudawan yang dikukuhkan di Balai Sidang Unismuh, Rabu, 20 Maret.
Selain itu, Rahman meminta para lulusan tersebut untuk terus menanamkan keinginan untuk sukses. “Davit Setiawan dan Erick Zhan mengingkapkan bahwa ada enam elemen yang bisa dimanfaatkan sebagai kunci mencapai kesuksesan, yaitu belive, mindset, habit, attitude, goals, dan action,” sambungnya.
Adapun jumlah wisudawan yang dikukuhkan sebanyak 1.164 orang. Jumlah tersebut tersebar pada 27 program studi (prodi) dari delapan fakultas, termasuk pascasarjana. (ism)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.