Kualifikasi Piala Eropa 2020: Selamat Datang Kosovo dan Ronaldo

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, DUBLIN—Genderang perang Kualifikasi Piala Eropa 2020 akan mulai ditabuh, pekan ini. Sebanyak 55 negara akan bertarung untuk memperebutkan 24 tiket untuk putaran final “Euro fo Europe”.

Di luar dari para raksasa Eropa, Kosovo akan menjadi salah satu perhatian dalam kualifikasi kali ini. Setelah resmi bergabung di FIFA 2016 silam, kualifikasi tahun ini akan menjadi yang pertama bagi negara pecahan Serbia tersebut.

Dalam debutnya di kualifikasi ini, Kosovo akan bergabung di Grup A. Anak asuh Bernard Challandes tersebut bersaing dengan semifinalis Piala Dunia 2018, Inggris, Republik Ceko, Bulgaria, serta Montenegro.

Kendati menjadi pendatang baru, Challandes menegaskan mereka siap menjalani kualifikasi yang dimulai 21 Maret 2019 hingga 21 Maret 2020. “Tim nasional kami memiliki potensi. Meski banyak pemain yang mungkin tidak bermain di liga atau klub besar, tetapi semua bisa melakukan sesuatu,” kata Challandes di Blick.

Problem mereka sejauh ini hanya pemain kewarganegaraan ganda dimana ada beberapa nama yang juga menjadi warga negara Swiss. Menurut Challandes, Swiss bagaimana pun akan jadi pilihan nomor satu mengingat prestasi mereka sejauh ini.

Tapi, ia menegaskan mereka tidak akan mengemis. “Saya akan menjadi idiot, saya tidak akan melakukan itu. Aspek patriotik sangat sensitif. Jika seseorang memilih Swiss, saya sepenuhnya memahaminya. (Mengapa?) Swiss memiliki kualifikasi untuk Piala Dunia dan Piala Eropa terakhir. Jika saya masih seorang pemain, saya akan memilih Swiss jika saya memiliki peluang yang realistis,” tegasnya.

Selain Kosovo, kualifikasi ini akan menjadi momentum menyambut kembalinya Cristiano Ronaldo. Sejak tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018, kapten Portugal saat memenangi Piala Eropa 2016 itu beristirahat dari tim nasional dan fokus untuk Juventus yang membelinya dari Real Madrid, musim panas tahun lalu.

Ada enam pertandingan yang dilewatkan peraih lima Ballon d’Or tersebut. Termasuk empat pertandingan di UEFA Nations League (UNL) 2018/2019 yang baru digulirkan tahun lalu dimana Portugal menghadapi Italia dan Polandia.

Ronaldo yang terbang langsung dari Turin bergabung dengan skuat asuhan Fernando Santos, kemarin. Bersama pemain veteran lainnya, Pepe, ia akan melakukan persiapan untuk menghadapi dua laga Grup B kontra Ukraina dan Serbia yang akan berlangsung 23 serta 26 Maret mendatang.

Striker Juventus tersebut adalah pemilik rekor caps dan pencetak gol terbanyak negaranya. Dalam 154 pertandingan, pemain berjuluk CR7 itu total melesakkan 85 gol. Dia mencetak empat gol di babak penyisihan grup Piala Dunia, termasuk hat-trick dalam hasil imbang 3-3 kontra Spanyol.

Kualifikasi ini sendiri punya format sedikit berbeda dari sebelumnya. Selain untuk pertama kalinya sejak 1976 tidak ada tim yang secara otomatis lolos ke Piala Eropa sebagai negara tuan rumah, UNL juga akan menentukan siapa yang bisa tampil di putaran final yang akan berlangsung di 12 negara tersebut.

Sebanyak 20 dari 24 tim untuk turnamen final akan ditentukan oleh penyisihan grup. Dua tim teratas di masing-masing dari 10 grup adalah 20 tim pertama yang akan lolos ke Euro 2020. Setelah babak penyisihan grup kualifikasi, play-off kualifikasi akan berlangsung pada Maret 2020 untuk menentukan 4 tim yang tersisa untuk turnamen final.

Peserta babak play-off tidak akan ditentukan berdasarkan hasil dari babak penyisihan grup seperti sebelumnya. Sebagai gantinya, 16 tim akan dipilih berdasarkan hasil UNL 2018-19. Empat pemenang yang playoff yang bertarung di empat jalur berbeda akan bergabung dengan 20 tim yang telah lolos ke UEFA Euro 2020 yang dibuka di Roma dan berakhir di London tersebut. (Blick/Wikipedia/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...