Lapas Maros Kembangkan Pembibitan Talas Jepang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Maros tak hanya sebagai lapas medium menjadikan Literasi sebagai strategi pembinaan.

Kali ini mengembangkan penyediaan bibit Talas Jepang (Satoimo) dengan bermitra PT Talasindo.

“Kami senang dan bangga jadi mitra untuk menjadi penyedia bibit Talas Jepang yang dikembangkan oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan. Ini sangat strategis” tutur Kepala Lapas Kelas II A Maros, Indra S Mokoagow.

Pihaknya, punya lahan seluas 1,4 hektar dan punya Warga Binaan yang mengikuti kegiatan asimilasi sebagai tenaga kerja.

“Ini juga sebagai pembelajaran berharga bagi WBP yang akan bebas dan kembali ke masyarakat” papar Indra saat penandatanganan Perjanjian Kerja sama, Rabu (20/3/19) di Kantor Lapas Maros.

Penanadatanganan turut dihadiri Amri Liwang dari Talasindo, Fety Fatimah dan Mas Heri Dari Koperasi Maju Bersama. Turut mendampingi Kalapas Maros masing-masing Abdullah (Kepala Seksi Kegiatan Kerja/ Kasi Giatja), HB Andi Kaso (Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban/ Kasi Kamtib) dan Saharuddin (Kepala Sub Seksi Program Kerja).

Sementara itu Syamsuddin Awing selaku konsultan mengemukakan pihaknya siap mendampingi WBP sejak penyediaan lahan, perrsemaian hingga panen.

“kami dampingi dari awal sampai akhir sesuai _Standard Operational Prosedure_ (SOP)” tuturnya.

Fety Fatimah dari Koperasi Maju Bersama menyampaikan rasa kagum dan salut karena di Lapas Maros diterima dengan hangat. “Segala keperluan produksi berupa bibit, pupuk dan pestisida kami fasilitasi dan semua hasilnya kami beli sesui harga pasar” kata perempuan Jawa Timur yang tampil mengenakan hijab ini. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...