Terkendala Akses Jaringan, 137 Sekolah Masih Menumpang UNBK

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulbar memastikan 303 SMA, MA, dan SMK melaksanakan UNBK. Namun, fasilitas dan akses jaringan mengharuskan masih ada menumpang.

Bahkan, ada yang menumpang antar kabupaten. Sekolah tersebut, SMAS Nusa Bangsa, Kabupaten Mamasa, menumpang UNBK di SMA Budi Mulia Kalukku, Kabupten Mamuju.

UNBK untuk penyelenggaraan SMK mulai 25 Maret, SMA dan MA mulai 1 April mendatang. Jumlah siswa untuk SMA-MA 11.875. Sementara untuk SMK, 7.799 siswa.

Merujuk dari data Disdikbud Sulbar, sekolah yang melaksanakan UNBK mandiri itu sebanyak 166. Sementara itu, yang masih menumpang sebanyak 137 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar, Arifuddin Toppo, mengatakan, untuk pelaksanaan tahun ini meningkat. “Tahun ini 100 persen dimaksimalkan semua sekolah UNBK, upaya ini sebagai langkah membentuk karakter percaya diri siswa dan lingkungan sekolah,” ujarnya.

Untuk yang menumpang, kata Arifuddin, memang terkendala pada akses jaringan dan fasilitas. Sehingga, belum merata untuk mandiri.
Tidak hanya itu, ada beberapa sekolah yang masih dalam tahap agreditasi. Bahkan, ada yang mau di tutup. Sehingga belum bisa maksimal mandiri melaksanakan UNBK. (sal)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...