Ekspor Produk Holtikultura Sangat Membanggakan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Pencapaian ekspor komoditas hortikultura 2018 sangat membanggakan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) total ekspor komoditi ini mencapai 435.328 ton atau setara Rp 6,27 triliun.

“Khusus ekspor bunga krisan 2018 sebesar 59,1 ton dan senilai Rp 11,7 miliar dan tanaman hias 2018 sebesar 4.675 ton,” ujar Dirjen Hortikultura, Suwandi saat mendampingi Menteri Pertanian dalam acara ekspor sejumlah produk hortikultura di lapangan Binaraga Ciherang, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur, Rabu (20/3/2019).

Dirjen Perkebunan, Kasdi Subagiono menuturkan, Kementan fokus meningkatkan produksi dan nilai tambah seluruh komoditas perkebunan. Kementan memiliki program Benih Unggul (BUN) 500 dan membangun logistik benih.

“Maksudnya 500 juta batang selama 6 tahun. Itu artinya dari yang eksisten saat ini, kami melipatgandakan 3 kali lipat karena rata-rata saat ini kita baru mampu menyediakan benih sekitar 30 juta batang untuk semua komoditas seperti kopi, kakao, karet, sawit, tebu, cengkeh, sama lada,” jelasnya.

Menurut Kasdi, logistik benih yang dimaksud adalah jumlahnya masif, kemudian kualitasnya bagus dan hingga distribusinya menjadi efisien. Sebab, jika sekarang misalnya kopi, kakao harus beli dari Jember dibawa ke Papua tentu membutuhkan biaya yang tinggi.

“Kita nanti di setiap sentra-sentra itu kita bangun KBI (Kebun Bibit Indo), kita bangun entrance-entrance baru itu, kemudian KBD yaitu Kebun Bibit Desa atau Kebun Bibit Dasar, kemudian link dengan penangkar-penangkar lokal,” jelasnya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengaparesiasi dan mendukungan penuh kebijakan dan program pertanian yang digagas Kementan untuk memajukan pertanian Kabupaten Cianjur. Hingga saat ini, bantuan pertanian ke Kabupaten Cianjur jumlahnya sangat banyak sehingga tidak terhitung, sehingga Cianjur terus menjadi salah satu sentra produksi pertanian. “Jadi kami yakin, kunjungan kerja Bapak Menteri ini bakal memajukan lagi sektor pertanian kami,” ujarnya. (rml)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...