Entaskan Kemiskinan, Pemkab MURA Harus Kembangkan Sektor Pariwisata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MURA – Tingkat kemiskinan di Kabupaten Musirawa masih menjadi masalah serius. Pasalnya, Kabupaten Musirawa (MURA) masuk dalam kategori daetah termiskin di Sumatera Selatan.

Guna mengentaskan angka kemiskinan ini, tokoh Sumatera Selatan Maphilinda Syahrial Oesman mengusulkan, agar pemerintah kabupaten melakukan pengembangan di sektor pariwisata.

“Apalagi sesuai edaran Kemendagri, setiap daerah mesti ada daerah wisata. Daerah wisata tersebut harus didukung fasilitas, akses jalan, keberadaan kuliner, air bersih serta transportasi. Dan yang paling utama itu keamanan, yang semuanya itu untuk mengakomodir berjalannya sektor pariwisata” kata Maphilinda lewat pesan tertulisnya, Kamis (21/3).

Politisi Partai Nasdem ini menuturkan,berdasarkan pengamatan di lapangan, angka kemiskinan di Mura masih cukup tinggi, walaupun sektor perkebunan dan karet masih lumayan. Ke depan, kata Maphilinda harus dicari solusinya untuk menurunkan angka kemiskinan. Dari rencananya mengarah kepada pengembangam sektor pariwisata.

Pengembangan itu sesuai dengan edaran Kemendagri, setiap daerah mesti ada daerah wisata yang mana mesti didukung, fasilitas akses jalan, keberada kuliner, Air bersih, tranportasi dan paling utama itu keamanan.

“Di Mura angka kemiskinan masih cukup tinggi walaupun sektor perkebunan sawit dan karet sudah lumayan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan pengembangan di sektor pariwisata,” ucapnya.

Calon Anggota Legislatif ini melanjutkan, strategi yang tepat dalam memerangi kemiskinan di Kabupaten MURA adalah pengembangan bidang pariwisata. Satu caranya adalah bagaimana mengelompokkan semua potensi-potensi wisata di masing-masing desa.

“Seperti potensi Wisata Terapung Danau Aur, objek wisata Danau Gegas atau bahkan potensi taman bunga, dan lain-lain,” terang istri mantan Gubernur Sumsel ini.

Ditempat lain, Ketua Gerakkan Masyarakat Sadar Wisata Mura Safaruddin mengatakan, pihaknya mendukung program Maphilinda dalam hal pengembangan sektor pariwisata.

“Pariwisata akan mampu mengintegrasikan sejumlah program lainnya seperti perbaikan infrastruktur akses jalan dan lainnya. Tempat wisata baik dan bagus harus didukung akses yang baik pula. Untuk itu kita mendukung program ibu Maphilinda tersebut. Semoga beliau terpilih dalam pileg mendatang, insyaAllah kita akan bantu beliau” pungkasnya. (RBA/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...