Mengejutkan, KPU Coret Lima Caleg Boyolali Sebulan Jelang Pemilu

FAJAR.CO.ID, BOYOLALI – Tak genap sebulan jelang pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali membuat keputusan mengejutkan dengan mencoret lima calon legislatif (caleg) dari daftar calon tetap (DCT). Mereka yang dicoret rata-rata lantaran dipecat dari partai pengusung (parpol) pengusungnya maupun tersandung kasus pidana.

Kelima caleg yang dicoret itu adalah Ranindya Candra Kartika dari PKB daerah pemilihan (dapil) 4 serta Joko Waluyo dari PPP dapil 5 Boyolali. Mereka tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran dipecat dari parpol.

”Leni Susilowati, caleg dari Partai Berkarya juga kami coret karena telah meninggal dunia,” kata Komisioner KPU Boyolali Divisi Hukum dan Pengawasan Maya Yudayanti Kamis (21/3).

Tak hanya itu, KPU juga mencoret dua caleg dari PKS. Mereka yakni, Basuki dari dapil 4 yang tersandung kasus pidana pemilu. Serta Mahmudi yang terkena kasus pidana umum.

Maya menyatakan sangat berhati-hati sebelum mencoret kelima nama tersebut. ”Klarifikasi kepada masing-masing parpol sudah dilakukan. Bahkan kami lebih dulu berkonsultasi dengan KPU Provinsi, bahkan ke KPU Pusat,” pungkasnya. (wid/ria)

 

(rs/wid/per/JPR/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...