Pasangkayu Fokus Pengembangan Agro Smart 4.0

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:27 WIB

FAJAR.CO.ID, PASANGKAYU–Masuknya revolusi industri 4.0 direspons Pemkab Pasangkayu. Di bidang pertanian Agro Smart kini akan diterapkan.

Ditemui fajar.co.id di rumah jabatannya, Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa, mengatakan, pengembangan industri teknologi di bidang pertanian atau dikenal dengan istilah Agro smart pertama kali diterapkan di Indonesia.

Khusus di Pasangkayu, kata dia, ke depannya teknologi ini akan bekerja setiap waktu untuk mengukur kondisi informasi pertanian serta mengefektifkan produksi pertanian.

“Proses kerja alat ini real time dan per second, akan memberikan info cuaca, penggunaan pupuk,ph tanah, angin, juga bisa mengetahui jenis tanaman yang cocok pada musim tersebut, bahkan bisa menganalisa produksi, jadi nanti kita tidak mengukur secara manual lagi, tapi alatnya yang akan bekerja,” ucapnya

Untuk penggunaan alat ini akan bertahap dan dibagi per zona di Kabupaten Pasangkayu. Sebab tahun ini adalah awal pengembangan maka akan di uji coba dulu tahun ini sesuai anggaran yang tersedia
“Kalau tahap awal pengembangan pertama kita akan pasang di Kota Pasangkayu sampai ke Sarjo,” bebernya.

Karena di wilayah tersebut ada pengembangan pertanian dan perikanan. “Alatnya mahal , jadi kita tentu bertahap,” kata dia.

Bupati yang menjabat dua periode ini menambahkan, untuk server kedepan akan ada pusat informasi yang melayani. Siapa saja yang ingin mengakses info atau data dari hasil kerja alat tersebut. (sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *