Penerapan WBK, Lapas Maros Berbenah

FAJAR.CO.ID,MAROS--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Maros berbenah diri melengkapi fasilitas sebagai akselerasi pencapaian peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Termasuk, Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah. menuju WBK dan WBBM.

Pembenahan tersebut antara lain peningkatan layanan kunjungan berbasis HAM, seperti sarana ibadah bagi pengunjung, jalur khusus buat penyandang disabilitas, ruang kunjungan ramah anak, block hunian ramah anak, _self service_ pelayanan Hak-hak Warga Binaan, dan lain-lain.

Kepala Lapas Klas II A Maros Indra Setiabudi Mokoagow mengemukakan, pembenahan ini adalah suatu keharusan dan tuntutan kebutuhan, "Ada WBK dan WBBM atau tidak, kami wajib berbenah" ungkapnya.

"Kami pun siap dikoreksi, dikritik dan diberi masukan demi mendekati kesempurnaan pelayanan", pintanya.

Mursalim, salah seorang pengunjung menyampaikan rasa kagumnya atas perkembangan pelayanan kunjungan di di Lapas Klas II A Maros, karena dalam waktu relatif singkat semua berubah.

"Sekitar empat bulan lalu, suasananya masih relatif kumuh, kita pengunjung cenderung bertumpuk menanti giliran masuk berkunjung, sekarang kita dikasi nomor, dikasi duduk, baru pelayanannya cukup ramah". Ungkapnya dalam logat Makassar kental.

Sementara itu, S. Alam Dettiro inisiator dan penggiat Pustaka Jeruji Indonesia mengaku semakin bangga karena gerakan literasi yang digawanginya seakaan gayung bersambut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...