Preview Belgia vs Rusia: Panggung Duo Hazard

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BRUSSELS—Eden Hazard akan memimpin Belgia menghadapi Rusia pada laga pembuka Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bersama sang adik, Thogan Hazard, penyerang Chelsea itu akan mengambilalih tugas Romelu Lukaku, di Stadion King Baudouin.

Lukaku belum bisa diastikan akan bermain dinihari nanti akibat cedera kaki yang dialaminya bersama Manchester United. Meski masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil Roberto Martinez, ia tidak ikut bergabung dalam latihan timnya.

Jika Lukaku tidak cukup fit untuk menghadapi Rusia, maka posisinya kemungkinan besar akan diambil oleh Michy Batshuayi. Pilihan lainnya adalah penyerang Crystal Palace lainnya, Christian Benteke atau bomber Liverpool, Divock Origi.

Absennya Lukaku jelas kerugian besar. Sejauh ini, eks penyerang Chelsea dan Everton tersebut telah mencetak 45 gol dalam 79 penampilan untuk negaranya. Selain itu, ia juga dalam kondisi bagus bersama klub dalam beberapa pekan terakhir, dimana ia mencetak dua gol ke gawang Crystal Palace, Southampton dan Paris Saint-Germain (PSG).

Karena itu, harus ada yang mengambil perannya sebagai predator untuk menembus gawang Rusia. Dan beban itu hampir dipastikan akan ada di pundak Hazard. Pemain kelahiran 7 Januari 1991 itu sudah mencetak 27 gol bagi Belgia dan tampil bagus bersama Chelsea.

Mengingat nama seperti Nacer Chadli dan Yannick Carrasco, kemungkinan besar tidak akan jadi starter, Martinez bisa memilih Thogan Hazard sebagai pendamping kakaknya untuk bermain di belakang striker dalam formasi 3-4-2-1. Opsi lain, Dries Mertens akan bergabung bersama duo Hazard untuk menyokong striker.

Selain Lukaku, Belgia juga tidak bisa memainkan Marouane Fellaini, Kevin De Bruyne, dan Axel Witsel. Fellaini sejak beberapa waktu lalu sudah menyatakan diri mundur dari timnas. Sementara dua nama terakhir tidak bisa bermain lantaran cedera bersama kapten tim, Vincent Kompany.

Martinez sendiri sejauh ini tidak khawatir dengan hilangnya sejumlah pilar. Menurutnya, 28 pemain yang ia panggil semuanya sudah tahu bagaimana Setan Merah bekerja. “Itu adalah kelompok yang sudah siap untuk menebus cedera dan sanski,” kata Martinez di RTBF.

Bel Belgia, Toby Alderweireld punya keyakinan sama. “Kami memiliki pengalaman yang cukup di tim dan pelatih tahu apa yang dia harapkan dari kami,” kata bek Tottenham Hotspur tersebut pada konferensi pers di pusat sepak bola nasional Belgia di Tubize.

Tapi, Alderweireld menegaskan bahwa Belgia yang digasak Swiss 2-5 di UEFA Nations League (UNL) di pertandingan terakhir harus fokus dan bermain bagus. Ia juga meminta rekan-rekannya tidak menganggap enteng tim tamu.

“Sangat penting untuk memulai dengan baik, dengan dukungan para pendukung kami. Kami tidak boleh meremehkan Rusia, mereka telah melakoni Piala Dunia dengan sangat bagus, tetapi kami ingin meluncurkan sinyal dengan menunjukkan bahwa kita siap,” ujarnya.

Datang ke Brussels dengan sejumlah wajah baru, Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov menyatakan kesiapannya meladeni Hazard dkk. Bermodal hasil seri 3-3 di pertemuan terakhir, ia percaya anak asuhnya bisa berharap pulang dengan poin.

“Saya tidak bisa mengatakan sejauh mana tim Belgia telah berubah sejak pertandingan uji coba terakhir kami yang berakhir 3-3. Tim kami telah berubah 75 persen. Kami mempelajari Setan Merah. Kami tidak mengharapkan kejutan khusus. Tetapi sejauh mana kedua tim mempersiapkan pertandingan akan sangat menentukan,” tegasnya di Voetbal Krant.

Ini akan menjadi pertemuan keenam kedua negara di kancah internasional. Rusia yang akan mengandalkan pemain-pemain seperti Alexander Golovin, Roman Zobnin, duo Miranchuk, Alexei Ionov, Denis Cheryshev, Artem Dzyuba, Fyodor Smolov, dan Fyodor Chalov sejauh ini belum pernah mengalahkan Belgia. Hasil terbaik mereka adalah imbang dua kali. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Denayer, Alderweireld, Vertonghen; Miller, Tielemans, Dendoncker, Castagne; E. Hazard, T. Hazard; Batshuayi

Rusia (4-2-3-1): Lunev; Nababkin, Dzhikiya, Kudryashov, Fernandes; Gazinsky, Kuzyaev; Ionov, Miranchuk, Cheryshev; Dzyuba

 

Head to head

28/03/17 Rusia 3-3 Belgia

22/06/14 Belgia 1-0 Rusia

17/11/10 Rusia 0-2 Belgia

14/06/02 Belgia 3-2 Rusia

24/04/96 Belgia 0-0 Rusia

 

Lima pertandingan terakhir Belgia

19/11/18 Swiss 5-2 Belgia

16/11/18 Belgia 2-0 Islandia

17/10/18 Belgia 1-1 Belanda

13/10/18 Belgia 2-1 Swiss

12/09/18 Islandia 0-3 Belgia

 

Lima pertandingan terakhir Rusia
21/11/18 Swedia 2-0 Rusia

16/11/18 Jerman 3-0 Rusia

15/10/18 Rusia 2-0 Turki

12/10/18 Rusia 0-0 Swedia

11/09/18 Rusia 5-1 Republik Ceko

 

STATISTIK HAZARD

Timnas Belgia

Main: 98

Gol: 27

STATISTIK HAZARD DI PREMIER LEAGUE MUSIM INI

Main: 26 (3)

Menit bermain: 2.334 menit

Gol: 13

Assist: 11

Kartu kuning: 2

Kartu merah: 0

Tembakan per laga: 2,6

Akurasi passing: 82,9 %

Man of the match: 11

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...