Dampak Tol Trans Jawa, Jateng Jadi Jujukan Investor

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Keberadaan Tol Trans Jawa mulai membawa dampak positif bagi Provinsi Jawa Tengah. Selain memperlancar arus lalu lintas, tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Desember 2018 ini juga mendorong naiknya jumlah investasi di Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Didik Subiyantoro mengatakan, sudah banyak calon investor yang akan masuk ke Jawa Tengah tahun ini. Beberapa investor bahkan termasuk kelas besar sehingga akan merekrut ribuan karyawan.

“Sudah banyak yang mau masuk. Di Pemalang itu ada pabrik sepatu, di kawasan industri Demak, Semarang, Kendal, Brebes, Tegal dan banyak yang lainnya,” ujarnya saat dihubungi Selasa (19/3).

Didik menerangkan, selain iklim investasi yang kondusif serta letak strategis, keberadaan tol Trans Jawa menjadi alasan para investor baru untuk menanamkan investasinya di Jawa Tengah. Dirinya bahkan sempat menanyakan kepada calon investor di Pemalang tentang pilihan berinvestasi di Jateng.

“Dia bilang karena letaknya strategis, berada di tengah-tengah. Jadi kalau mau ekspor bisa lewat Jakarta, Surabaya dan Semarang. Adanya Tol Trans Jawa juga membuat akses semakin mudah dan cepat. Tol ini memang menjadi daya tarik luar biasa untuk pertumbuhan investasi di Jateng,” terangnya.

Selain itu, berbagai kemudahan berinvestasi di Jateng juga menjadi alasan para investor masuk. Pelayanan perizinan satu pintu secara online di DPMPTSP dipercaya menjadi magnet para investor masuk ke Jateng.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...