Diskon Tarif Tol Trans Jawa Diperpanjang, Ini Alasannya

Jumat, 22 Maret 2019 - 22:10 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar gembira bagi para pengguna jalan tol. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperpanjang waktu diskon tarif Tol Trans Jawa. Masa berakhir perpanjangan diskon tarif tol ini masih belum ditentukan hingga kapan.

Awalnya, pemberlakuan diskon tarif bakal berakhir pada 21 Maret 2019 alias dua bulan sejak diberlakukan pada 21 Januari 2019 lalu.

Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan, perpanjangan diskon itu dilakukan karena kajian penetapan skema tarif baru belum rampung. Menurutnya, data yang terintegrasi masih belum cocok karena baru didapat dari data dari sebulan operasi.

“Kemudian BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) perlu duduk lagi untuk mensinkronisasikan sistemnya. Tadinya kan dua bulan waktu studi, kita belum menghasilkan karena traffic-nya masih berubah-ubah,” ungkap Subakti seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (22/3).

Subakti menegaskan, pihaknya belum menentukan masa berlakunya diskon ini sampai kapan. Meski begitu, jika sudah rumusan formula perhitungan pembayaran baru sudah rampung dikaji diskon akan langsung dicabut.

Sejauh ini, kajian yang dilakukan belum bisa dijadikan acuan untuk menentukan tarif dan jarak batas maksimal. Pemerintah sendiri ingin ada pembatasan tarif Tol Trans Jawa jika pengguna sudah menempuh jarak tertentu.

“Gimana orang menempuh jarak terjauh, jadi ada tarif maksimal. Kalau lebih dari sekian, tarifnya sama. Flat,” tegas Subakti.

Setidaknya, menurut Subakti pihaknya sudah melakukan beragam kajian dengan banyak faktor ekonomi, namun kebuntuan masih menjadi hasil kajian tersebut.

“Para ahli lihat dari faktor ekonominya, macam-macam, banyak. Ekonomi daerah, juga mencari titik optimum berapa kilometer belum ketemu,” kata Subakti.

Dia mengatakan sebetulnya semua badan usaha sudah memiliki kesepakatan bulat mengenai tarif tol. Namun, nominalnya masih belum matang untuk disebutkan.

“Secara teknis semua BUJT setuju, sudah terkoneksi, tinggal angka saja. Supaya kalau ditanya BPK, DPR, KPK, jawabnya nggak ngawur,” tambahnya.

Sejauh ini, pemberlakuan tarif ruas Jalan Tol Trans Jawa dibarengi dengan pemberian diskon tarif sebesar 15%. Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam satu cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier).

Untuk diskon tarif 15% pada Cluster II akan berlaku bagi pengguna yang masuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung, serta sebaliknya. Diskon 15% juga diberikan pada Cluster III berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung, serta sebaliknya.

Terakhir, diskon tarif 15% pada Cluster IV hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya.

Diskon tarif tol juga khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, dan tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang saldo serta juga tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat terbaca mesin loket.

(det)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.