Indonesia U-23 Kalah 0-4 dari Thailand

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, HANOI—Tim nasional U-23 Indonesia meraih hasil buruk di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia 2020 kontra Thailand. Dalam laga yang berlangsung Jumat, 22 Maret, Tim Garuda Muda kalah 0-4.

Pada laga di My Dinh National Stadium, Indonesia mengambil kendali di 10 menit pertama. Bahkan Osvaldo Haay sempat mendapat peluang bagus setelah menerima umpan silang dari Saddil Ramdani di depan gawang. Sayang kontrolnya buruk sehingga bola lepas dari penguasaannya.

Thailand bangkit dan mengambilalih penguasaan bola. Setelah memberi dua ancaman di 10 menit kedua, mereka akhirnya berhasil unggul pada menit ke-22. Gol Thailand dilesakkan kapten mereka, Shinnaphat Leeaoh lewat sundulan usai menerima umpan tendangan bebas Worachit Kanitsribumphen dari sisi kanan usai Osvaldo melakukan pelanggaran.

Tertinggal 0-1, anak asuh Indra Sjafri mencoba merespons. Namun, mereka terlihat kesulitan keluar dari tekanan Thailand. Indonesia baru bisa mendapatkan peluang bagus di lima menit akhir. Setelah Osvaldo gagal melepaskan tendangan dengan baik di dalam kotak penalti, Indonesia nyaris menyamakan kedudukan di injury time babak pertama.

Lewat tendangan bebas dari sisi kiri, Luthfi Kamal Baharsyah mencoba langsung mengarahkan bola ke gawang. Beruntung bagi Thailand, kiper Nont Muangngam mampu memblok bola yang mengarah ke dalam gawangnya. Skor 1-0 untuk Thailand di babak pertama.

Kembali dari ruang ganti, Indonesia mencoba menekan. Namun, petaka datang di menit ke-49 setelah Rachmat Irianto melakukan blunder di dalam kotak penalti. Bermaksud membuang bola, si kulit bundar malah jatuh di kaki Supachai Chaided. Penyerang Thailand itu lantas menggiring bola yang kemudian kembali dilanggar Irianto. Wasit yang berdiri di depan kotak penalti langsung menunjuk titik putih yang dieksekusi sendiri oleh Supachai untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri langsung melakukan pergantian pemain. Sani Rizki dimasukkan untuk menggantikan Saddil. Setelah itu, pada menit ke-61, Witan Sulaiman juga masuk ke lapangan mengisi tempat Osvaldo.

Namun, bukannya mampu memperkecil ketertinggalan, gawang Awan Setho malah jebol lagi di menit ke-69. Diawali serangan dari sisi kanan, Supachok Sarachart mengirim umpan terukur ke depan gawang yang dengan mudah diteruskan Supachai ke dalam gawang setelah lepas dari pengawalan Asnawi.

Pemain Indonesia yang terlihat kebingungan dan frustasi menghadapi pressing pemain Thailand kembali tertunduk di menit ke-72. Memenangi duel dengan Asnawi Bahar, Supachok melepaskan tembakan melengkung dari sudut kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Awan Setho.

Tertinggal 0-4, Indra Sjafri menambah penyerang. Dimas Drajat dimasukkan menggantikan Gian Zola. Akan tetapi, tambahan penyerang tetap tidak bisa membuat Thailand dalam tekanan. Mereka malah nyaris menambah gol lagi di menit ke-78 lewat tendangan kaki kiri Jakkit Wachpirom. Beruntung Awan Setho bisa menepis bola.

Di lima menit akhir, Thailand mulai bermain lebih santai.  Indonesia sempat mencetak gol di injury time, namun wasit melihat Dimas berdiri di posisi offside. Skor 4-0 pun menjadi hasil akhir laga ini. Indonesia selanjutnya akan menghadapi tuan rumah Vietnam, 24 Maret mendatang. Laga ini akan menjadi partai hidup mati. (RCTI/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment