Kenali Tanda-tanda Awal Rheumatoid Arthritis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Rheumatoid arthritis (RA) adalah gangguan autoimun yang menyebabkan peradangan sendi kronis. RA cenderung mulai perlahan-lahan dengan gejala ringan yang datang dan pergi, biasanya di kedua sisi tubuh, yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan.

Gejala kondisi kronis ini bervariasi dari orang ke orang dan dapat berubah dari hari ke hari. Gejala-gejala RA disebut flare-up, dan periode tidak aktif, ketika gejalanya kurang terlihat, disebut remisi.

Dilansir dari laman Healthline ditinjau secara medis oleh Brenda B. Spriggs, MD, MPH, FACP pada 27 September 2018 berikut tanda-tanda awal Rheumatoid Arthritis yang perlu Anda ketahui.

1. Kelelahan

Anda mungkin merasa sangat lelah sebelum gejala lainnya menjadi jelas. Kelelahan dapat terjadi sebelum timbulnya gejala lain dalam beberapa minggu atau bulan. Itu mungkin datang dan pergi dari minggu ke minggu atau hari ke hari. Kelelahan kadang-kadang disertai dengan perasaan umum tentang kesehatan yang buruk atau bahkan depresi.

2. Kekakuan pagi hari

Kekakuan pagi hari sering merupakan tanda awal artritis. Kekakuan yang berlangsung selama beberapa menit biasanya merupakan gejala dari bentuk radang sendi yang dapat memburuk dari waktu ke waktu tanpa perawatan yang tepat.

Kekakuan yang berlangsung selama beberapa jam umumnya merupakan gejala radang sendi dan merupakan ciri khas RA. Anda juga mungkin merasakan kekakuan setelah periode tidak aktif yang berkepanjangan seperti tidur siang atau duduk.

3. Kekakuan sendi

Kekakuan pada satu atau lebih dari sendi yang lebih kecil adalah tanda awal yang umum dari RA. Ini dapat terjadi kapan saja, baik Anda sedang aktif atau tidak. Biasanya, kekakuan dimulai pada persendian tangan. Ini biasanya muncul secara perlahan, meskipun dapat terjadi secara tiba-tiba dan mempengaruhi beberapa sendi selama satu atau dua hari.

4. Nyeri sendi

Kekakuan sendi sering diikuti oleh nyeri sendi atau nyeri saat bergerak atau saat istirahat. Ini juga mempengaruhi kedua sisi tubuh secara merata. Pada awal RA, situs yang paling umum untuk rasa sakit adalah jari dan pergelangan tangan. Anda juga mungkin mengalami rasa sakit di lutut, kaki, pergelangan kaki, atau bahu.

5. Pembengkakan sendi kecil

Peradangan sendi yang ringan adalah tipikal sejak dini, menyebabkan persendian Anda tampak lebih besar dari biasanya. Pembengkakan ini biasanya dikaitkan dengan kehangatan sendi. Flare-up dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu, dan pola ini diperkirakan akan meningkat seiring waktu. Flare-up selanjutnya dapat dirasakan pada sendi yang sama atau pada sendi lainnya.

6. Demam

Ketika disertai dengan gejala lain seperti nyeri sendi dan peradangan, demam ringan mungkin merupakan tanda peringatan dini bahwa Anda menderita RA. Namun, demam yang lebih tinggi dari 100 ° F (38 ° C) lebih cenderung menjadi tanda beberapa bentuk penyakit lain atau infeksi.

7. Mati rasa dan kesemutan

Peradangan tendon dapat membuat tekanan pada saraf Anda. Ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, atau perasaan terbakar di tangan Anda yang disebut sebagai sindrom carpal tunnel. Sendi tangan atau kaki Anda bahkan bisa mengeluarkan bunyi mencicit atau berderak saat tulang rawan yang rusak bergesekan dengan sendi saat Anda bergerak.

8. Kurangi rentang gerak

Peradangan pada persendian Anda dapat menyebabkan tendon dan ligamen menjadi tidak stabil atau berubah bentuk. Ketika penyakit ini berkembang, Anda mungkin tidak dapat menekuk atau meluruskan beberapa sendi. Meskipun rentang gerak Anda mungkin juga dipengaruhi oleh rasa sakit, penting untuk melakukan olahraga yang teratur dan lembut .

9. Gejala awal rheumatoid arthritis lainnya

Selama tahap awal RA, Anda mungkin merasakan berbagai gejala, termasuk:
– kelemahan umum atau perasaan tidak enak badan
– mulut kering
– mata kering, gatal, atau meradang
– debit mata
– sulit tidur
– sakit dada saat Anda bernapas ( radang selaput dada )
– gundukan keras jaringan di bawah kulit di lengan Anda
– kehilangan selera makan
– penurunan berat badan

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar