Manfaat Daun Basil, Dari Sakit Kepala hingga Kesehatan Seksual

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Daun basil sering digunakan dalam berbagai masakan Italia atau masakan lainnya. Dikenal dengan nama lain yakni Saint Joseph’s wort. Basil adalah anggota keluarga mint dan mirip atau masih kerabat daun kemangi.

Daun basil memiliki khasiat yang mengejutkan untuk kesehatan. Dilansir dari Organic Facts, Jumat (22/3/2019), daun basil memiliki aroma kuat seperti aroma lada dan mint, serta sedikit rasa adas manis. Daun basil bisa menambah rasa segar dan aromatik pada masakan.

Daun basil bisa digunakan untuk memperbaiki pencernaan, mengobati sakit kepala, meriang, hingga kesehatan seksual. Dan ada berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan.

Anti-mikroba

Daun basil memiliki efek kuat untuk menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli, kolera, staph, listeria, dan Shigella. Hal itu karena daun ini memberikan aroma yang kuat bersama dengan sifat antimikroba.

Anti-inflamasi

Bisa mengurangi pembengkakan, bertindak sebagai peredam rasa sakit dan meredakan demam.

Kesehatan Jantung

Daun basil direkomendasikan untuk kesehatan jantung karena tingkat beta-karotennya yang tinggi. Kandungan antioksidan yang kuat yang menghentikan radikal bebas dari kerusakan sel. Ini juga mencegah radikal bebas dari pengoksidasi kolesterol dalam aliran darah.

Tingkatkan Tidur

Daun basil adalah sumber magnesium yang bagus, yang meningkatkan aliran darah dan dapat membantu masalah tidur.

Mendukung Fungsi Hati

Studi juga menunjukkan bahwa basil kaya sifat antioksidan mengurangi stres serta mendukung fungsi hati dan mencegah sindrom metabolik.

Mencegah Kanker

Penelitian terbaru bahkan basil berpotensi untuk mencegah kanker, berkat berbagai fitokimia dan bahan aktif lainnya.

Mengurangi Stres

Basil dianggap mengurangi kadar kortisol, yang dapat membantu orang-orang yang secara kronis menderita depresi atau stres. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar