Pemkot Akan Sulap Blauran Jadi Wisata Kota Tua

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melakukan revitalisasi kawasan Jalan Blauran. Wali Kota Tri Rismaharini meminta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DCRKPCKTR) untuk merombak secara keselurahan kawasan tersebut.

Risma mengatakan akan menyiapkan desain khusus untuk kawasan tersebut menjadi objek wisata Kota Tua. “Yang penting diperbaiki dulu kampung-kampungnya disitu, dan nanti tak minta PD Pasar juga ikut menata. Jadi kawasan tua Surabaya disini desainnya khusus, lampu dan segala macemnya juga khusus,” kata Risma.

Mengingat bangunan yang ada di kawasan tersebut telah berdesain modern, Wali Kota Risma tidak mempermasalahkannya. Ia mengatakan, kawasan kota tua di kawasan itu tidak harus memiliki desain klasik. Karena menurutnya gaidens tersebut tidak mengharuskan kota tua harus berkonsep jadul.

“Aku gak mau seperti itu (desain klasik,Red), karena sebetulnya gak harus warnanya putih kusam redup gitu. Kalau di Eropa itu kota tua warnanya macem-macem gitu,” jelasnya.

Risma menambahkan, untuk pembangunan kawasan kota tua di Jalan Blauran nantinya akan ada perpaduan antara klasik dengan modern. Dengan adanya penataan seperti itu, diharapkan kawasan tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Ia menambahkan, pembuatan kota tua ini nantinya akan di tangan oleh DCRKPCKTR untuk merevatilasian kawasan tersebut. Dirinya mengungkapkan, revitalisasi itu nantinya aka menggunakan sistem lelang. Dimana DCRKPCKTR masih memilik banyak sisa lelang yang masih belum digunakan.

“Di kawasan Surabaya pinggirankan sudah terlihat rapi dan bagus sekarang, ini kita coba merambah ke tengah kota kita tangani secara sistematis. Biar perekonimian semakin bagus juga,” pungkasnya. (sb/gin/jay/JPR/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...