Perbaikan Jalan Raya Gubeng Tinggal Pemasangan Trotoar

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:28 WIB
Proses perbaikan Jalan Raya Gubeng usai ambles. (JPC)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Sekitar tiga bulan lalu, Jalan Raya Gubeng, Surabaya, ambles. Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah merampungkan perbaikannya. Tapi baru sisi Timur yang terbuka untuk umum. Sedangkan sisi Barat masih tertutup.

Dari pantauan terlihat, beberapa rambu lalu lintas telah terpasang. Meski deretan barrier plastik milik Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya masih berjajar menutup ruas jalan sisi Barat.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, sebenarnya Jalan Raya Gubeng sudah layak dibuka. Sejumlah marka dan rambu jalan juga telah dipasang.

“Kalau sisi Timur, semua rambu dan marka sudah (terpasang). Penerangan Jalan Umum (PJU) juga sudah terpasang. Kemarin (21/3), open traffic juga sudah bisa,” kata Irvan di Siola, Surabaya, Jumat (23/3).

Perbaikan Jalan Raya Gubeng tinggal menunggu pemasangan keramik trotoar. PT Nusantara Konstruksi Engineering yang mengerjakan pemasangan keramiknya.

Jika telah terpasang, Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) dan Dinas PU Surabaya yang akan mengkaji dan memutuskan. Apakah ruas jalan itu dapat terbuka untuk umum atau tidak.

Kemudian BBJN akan terus mengawasi perkembangannya hingga 2 tahun ke depan. Terutama pengawasan dan penanganan jika terjadi penurunan kontur tanah jalannya.

“Sebenarnya bulan ini (kondisi fisik Jalan Raya Gubeng) sudah memenuhi syarat. Kami tinggal membuka saja. Tapi tenaga ahli (BBJN) masih meneliti, dan setelah dibuka jalannya akan dalam pengawasan selama dua tahun,” jelas Irvan.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.