Bermodal Pemain Pelapis, Tiongkok Curi Gelar dari Jepang

Minggu, 24 Maret 2019 - 20:57 WIB

Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2019

FAJAR.CO.ID–Jepang gagal mempertahankan gelar juara di Kejuaraan Asia Beregu Campuran. Keluar sebagai juara dua tahun silam, mereka harus rela melihat trofi berpindah tangan ke Tiongkok setelah kalah 2-3 di partai final Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2019, Minggu (24/3).

Tiongkok mengambil poin pertama dari ganda campuran He Jiting/Du Yue. Mereka menundukkan pasangan ganda campuran terbaik Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dua gim langsung 21-17 dan 21-17.

Jepang lalu menyamakan kedudukan lewat pemain tunggal putra Kanta Tsuneyama. Tsuneyama membuat skor menjadi 1-1 setelah memukul telak Lu Guangzu. Guangzu dibikin tidak berdaya dan tumbang 18-21 dan 7-21.

Negeri Matahari Terbit kemudian memimpin perolehan poin setelah ganda putra Yugo Kobayashi/Takuro Hoki memenangi laga ketiga. Tiongkok yang diwakili Han Chengkai/Zhou Haodong dibungkam lewat laga rubber game 21-16, 18-21, dan 13-21.

Tiongkok nyaris saja melihat Jepang mempertahankan gelar saat wakil tunggal putri Han Yue sempat keteteran menghadapi Sayaka Takahashi. Kehilangan gim pertama, Han Yue terus mendesak Sayaka di gim kedua hingga akhirnya memainkan gim ketiga. Han Yue akhirnya menang dengan skor 17-21, 21-19, dan 21-17.

Menyamakan kedudukan menjadi 2-2, Tiongkok makin percaya diri. Pasukan besutan Zhang Jun itu pun akhirnya meraih trofi usai pasangan ganda putri Li Yinhui/Du Yue menumbangkan Ayako Sukaramoto/Yukiko Takahata 21-16 dan 21-19.

Mengomentari hasil minor tersebut, pelatih kepala Jepang Park Joo Bong mengaku tetap puas dengan penampilan pasukannya. Menurut Joo Bong, bisa mencapai babak final dengan bermodalkan pemain pelapis adalah hal yang harus diapresiasi.

“Dari awal, kami adalah tim underdog. Kami berangkat dengan tim cadangan. Bisa berhasil sampai di final tentu sebuah pencapaian membanggakan. Saya puas dengan performa mereka,” kata Joo Bong. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *