Jangan Buang Pisang dengan Bintik Hitam, Dapatkan Manfaat yang Mengejutkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Pisang adalah makanan favorit banyak orang karena selain rasanya yang enak juga kaya nutrisi. Makan beberapa buah pisang matang sehari mungkin sudah menjadi rutinitas, namun tidak untuk pisang yang terlalu matang.

Saat sudah terlalu matang kulit pisang tampak menghitam dan berbintik-bintik. Ini karena pisang telah kehilangan warna segar dan menjadi terlalu licin dan lengket.

Begitu pisang menjadi terlalu matang, kandungan nutrisinya akan berubah. Tapi, bukan berarti buah itu kehilangan manfaat nutrisi. Cornell University College of Human Ecology mengatakan terlepas dari kematangannya, buahnya tetap sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Melansir laman Boldsky, meskipun tidak memiliki jumlah nutrisi yang sama dengan pisang yang matang, pisang yang terlalu matang bermanfaat secara nutrisi. Karbohidrat kompleks dalam pisang ketika menjadi terlalu matang berubah dari pati menjadi gula sederhana. Kandungan kalori tetap sama, dan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C, asam folat dan tiamin, cenderung menurun.

Manfaat Pisang yang Sehat bagi Kesehatan

1. Mencegah kerusakan sel

Kaya akan antioksidan, makan bantuan pisang yang terlalu matang dalam menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh kerusakan internal dan sel radikal. Ini membantu dalam menurunkan risiko penyakit.

2. Menurunkan tekanan darah

Pisang yang matang terlalu banyak mengandung kalium dan rendah natrium. Konsumsi teratur dapat diatur di arteri. Ini membantu mencegah stroke dan serangan jantung, dan sistem peredaran darah Anda berfungsi secara efisien.

3. Meringankan rasa mulas

Buah bertindak sebagai antasid ketika menjadi terlalu matang. Buah berbintik-bintik cokelat membantu menenangkan iritasi dan memberikan kelegaan pada lambung.

4. Mencegah anemia

Kaya zat besi, makan pisang yang terlalu matang secara alami dapat membantu meningkatkan kadar darah Anda. Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengobati anemia.

5. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi dalam pisang berperan sebagai penambah energi alami. Makan dua pisang yang terlalu matang dapat memberi Anda energi yang cukup untuk latihan selama 90 menit. Jika energi Anda rendah? Raih satu atau dua pisang matang.

6. Mencegah kanker

Salah satu manfaat paling berharga yang ditawarkan oleh pisang matang adalah kemampuannya untuk melawan kanker. Tumor Necrosis Factor (TNF), suatu zat yang dapat membunuh sel-sel kanker dan abnormal.

7. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Seperti yang disebutkan, pisang yang terlalu matang kaya akan kalium dan rendah natrium, yang dapat bermanfaat untuk mengelola kadar kolesterol Anda. Kandungan serat dalam buah membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan pemeliharaan jumlah darah dan kadar hemoglobin.

8. Manuver bisul

Pisang adalah buah tunggal paling menguntungkan bagu penyakit bisul. Tekstur pisang yang lembut, melapisi lapisan perut Anda dan mencegah asam memperburuk bisul.

9. Meredakan sembelit

Kaya akan serat, pisang yang terlalu matang adalah jawaban terakhir untuk menghilangkan sembelit. Mereka mengatur pergerakan usus Anda, membuatnya lebih mudah bagi limbah untuk keluar dari sistem Anda. Mereka meningkatkan pencernaan Anda juga.

10. Meringankan gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

Vitamin B6 dalam buah bermanfaat dalam mengobati gejala PMS. Berbagai penelitian telah mengungkapkan dampak vitamin B6 dalam mengurangi gejala sindrom pramenstruasi.

11. Mengobati depresi

Tingginya kadar tryptophan pada pisang matang dikonversi menjadi serotonin saat dikonsumsi. Serotonin, pada gilirannya, membantu Anda merasa baik dan menenangkan sistem saraf Anda, sehingga mengangkat suasana hati Anda dan menjaga keseimbangan suasana hati yang sehat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...