Antisipasi Kerawanan Pelanggaran Jelang Pemilu 

Senin, 25 Maret 2019 - 21:13 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU-– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju melaksanakan rapat koordinasi sentra Gakkumdu di D’Maleo Hotel Convention Mamuju, Senin, 25 Maret. Kerawanan pelanggaran jelang pemilu jadi antisipasi.

Hal itu ditegaskan Komisioner Bawaslu Sulbar, Ansharullah A Lidda. Maka dari itu, rapat koordinasi sentra Gakkumdu ini dilaksanakan di masing-masing kabupaten.

“Kegiatan ini menegaskan bagaimana kerja sentra Gakkumdu dalam menerima atau temuan pelanggaran Pemilu,” kata Ansharullah.

Bahkan, pelanggaran itu juga bisa saja terjadi di pihak penyelenggara. “Makanya dengan adanya sentra gakkumdu bisa mencegah dan menindak oknum pelanggar,” katanya.

Ansharullah juga menyampaikan peran peserta Pemilu juga diharapkan andil untuk menjaga pesta demokrasi ini agar tidak ada terjadinya pelanggaran.

“Setiap pelanggaran Pemilu yang dibahas di sentra gakkumdu yang terdiri dari tiga lembaga. Semuanya harus sepakat dengan cukup bukti dan memenuhi unsur pidana maka akan diteruskan ke tingkat penyidikan,” ungkap Ansharullah.

Komisioner Bawaslu Mamuju, Faisal Jumalang, mengungkapkan kegiatan rapat koordinasi sentra gakkumdu melibatkan semua pihak baik dari media, kejaksaan, dan pihak kepolisian agar bisa lebih memahami lagi terkait tupoksinya masing-masing.

“Saat ini sudah masuk tahapan kampanye dan tidak lama lagi masuk hari pemilihan. Tentunya akan banyak dugaan pelanggaran yang terjadi, sehingga kita laksanakan rapat koordinasi agar kita semua tahu dimana penanganan pidana pemilu,” tuturnya. (sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.