Bicara Rempah-rempah, Jokowi Minta HKTI Tak Balik Arah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong para petani di sejumlah daerah, memilih rempah-rempah atau kopi sebagai komoditas utama selain padi dan jagung.

“Rempah-rempah sekarang sudah mulai ditinggalkan. Saya perintahkan kepada Menteri Pertanian, rempah-rempah harus dimulai lagi ditanam,” kata Jokowi dalam rapat koordinasi dan diskusi nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Senin (25/3).

Jokowi mengingatkan, rempah-rempah merupakan kekuatan Indonesia sejak dahulu. Bahkan bangsa Eropa harus berperang satu sama lain hanya untuk memperebutkan rempah-rempah Indonesia.

Namun, Jokowi heran, sekarang jarang yang menanam rempah-rempah. Selain itu, juga tidak ada yang melakukan peremajaan. Nah, suami Iriana itu mengaku sudah memerintahkan penanaman rempah-rempah sejak tiga tahun yang lalu. Bibit-bibit yang diperlukan sudah mulai disiapkan.

Dia berharap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) turut mendukung program penanaman rempah-rempah ini. “Jangan berbelok arah. Nanti diambil negara lain. Lada ini sudah diambil Vietnam. Kita rajanya lada, jadi hati-hati mengenai ini,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, hadir juga antara lain Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Badan Pertimbangan HKTI Oesman Sapta dan jajaran pengurus HKTI. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment