Datangi Polda Kaltim, Komisi III Pastikan Ribuan Tahanan Terdaftar di KPUD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KALTIM – Jelang Pemilu pada 17 April 2019, Komisi III DPR-RI mengunjungi Polda Kalimantan Timur (Kaltim), dalam rangka mengevaluasi kinerja mitra komisi III di lapangan. Khususnya berkaitan dengan beberapa hal yang berkaitan dengan Pemilu.

“Saya dan rombongn Komisi III ingin mendapatkan pemaparan dari Kapolda Kaltim, bagaimana pemetaan kerawanan kondisi keamanan menjelang 17 April 2019. Dengan demikian kita bisa mengantisipasi dengan baik setiap potensi ketegangan atau konflik menjelang Pemilu,” kata Anggota Komisi III DPR-RI Aboe Bakar Alhabsyi lewat pesan singkatnya ke redaksi Fajar.co.id, Senin (25/3).

Dikatakan Alhabsyi, distribusi aparat keamanan di daerah-daerah Kaltim menjadi sorotan utama dari mitra kepolisian ini.

“Kami juga ingin mendapatkan pemaparan bagaimana kesiapan distribusi personel Polda Kaltim untuk Pengamanan Pemilu. Selain itu mengevaluasi apa saja kendala kendala yang ditemui dilapangan, serta langkah taktis apa yang telah dilakukan,” ujarnya.

Menurut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Kaltim ada 9.471 narapidana yang belum diketahui hak mereka pada Pemilu 2019 ini. “Selain itu kita juga mengevaluasi kesiapan penyelenggaraan pemilu di lapas. saat ini jumlah napi di Kaltim ada 9.471 orang, jika ditambah dengan tahanan ada 12.529 orang,” ucapnya.

“Kita ingin memastikan apakah mereka semua sudah di daftar sebagai pemilih di dpt apa belum. Dan langkah koordinasi apa saja yang sudah dilakukan denga KPUD Kaltim, hal ini diperlukan untuk menjamin mereka bisa menyalurkan aspirasi dengan baik,” tutup Alhabsyi. (RBA/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment