Guru Asal Kenya Ini Menangkan Hadiah Rp14,2 Miliar

Senin, 25 Maret 2019 - 09:35 WIB

FAJAR.CO.ID–Seorang guru Matematika dan Fisika dari sebuah sekolah menengah di desa terpencil Lembah Rift, Kenya, memenangkan Global Teacher Prize for 2019 senilai USD 1 juta atau setara Rp14,2 miliar.

Sang guru bernama Peter Tabichi mengatakan memberikan 80 persen dari pendapatan bulanannya kepada orang miskin. Hadiah diberikan di Dubai, Sabtu (23/3/2019) dan dihadiri bintang Hollywood, Hugh Jackman.

“Setiap hari di Afrika, kita membuka halaman baru dan bab baru. Hadiah ini tidak mengenali saya tetapi mengakui orang muda benua besar ini. Saya di sini karena apa yang telah dicapai siswa saya,” kata Tabichi.

“Hadiah ini memberi mereka kesempatan. Ia memberi tahu dunia bahwa mereka dapat melakukan apa saja,” tambahnya setelah mengalahkan sembilan finalis dari seluruh dunia untuk mengklaim penghargaan itu.

Yayasan Varkey berbasis di Dubai, yang menyelenggarakan acara tersebut dan membagikan hadiah untuk yang kelima kalinya, memuji “dedikasi, kerja keras, dan keyakinan penuh semangat Tabichi terhadap bakat murid-muridnya”.

Tabichi, 36, mengajar di Sekolah Menengah Keriko Mixed Day Secondary School di Desa Pwani, Lembah Rift, Kenya. Wilayah ini sering mengalami kekeringan dan kelaparan.

Sekitar 95 persen murid sekolah berasal dari keluarga miskin, hampir sepertiga adalah anak yatim atau hanya memiliki satu orang tua, dan banyak yang pergi tanpa makanan di rumah.

“Penyalahgunaan narkoba, kehamilan remaja, putus sekolah lebih awal, pernikahan muda dan bunuh diri adalah hal biasa,” kata sebuah pernyataan seperti dilansir channelnewsasia.

Untuk sampai ke sekolah, beberapa siswa harus berjalan tujuh kilometer di sepanjang jalan yang menjadi tidak bisa dilewati selama musim hujan.

Sekolah, dengan rasio murid-guru 58 banding 1, hanya memiliki satu komputer desktop untuk murid dan internet yang buruk, tetapi meskipun demikian Tabichi “menggunakan TIK dalam 80 persen pelajarannya untuk melibatkan siswa”, kata yayasan itu.

Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta memberi selamat kepada Tabichi dalam sebuah pesan video, mengatakan “kisah Anda adalah kisah Afrika, benua muda yang penuh dengan bakat”. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *