Ini Khasiat Bawang Bombai yang Wajib Anda Ketahui

Senin, 25 Maret 2019 - 10:06 WIB

FAJAR.CO.ID–Bawang bombai sering digunakan dalam masakan untuk menambah rasa yang khas. Selain itu, bawang bombai juga punya manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Natural Food Series, Senin (25/3/2019), komposisi gizi yang tekandung dalam bawang bombai cukup menarik. Nama ilmiahnya adalah Allium Cepa. Bawang bombai kaya antioksidan. Bawang berukuran sedang terdiri dari 89 persen air, 1,7 persen serat dan 9 persen karbohidrat.

Bawang yang berukuran besar ini mengandung protein dan omega 6, serta serat. Bawang bombai juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, folat, dan potasium yang baik. Ada banyak fitonutrien yang ditemukan dalam bawang. Maka, tambahkan irisan bawang bombai setiap hari dalam masakan.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang bombai membantu tubuh agar tak mudah tertular penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan infeksi virus. Bawang bombai adalah salah satu cara alami untuk membangun kekebalan yang lebih kuat.

Cegah Kanker

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan kanker. Maka banyak mengonsunsi makanan antioksidan akan lebih baik.

Detoksifikasi

Detoksifikasi telah menjadi tren kesehatan yang populer saat ini. Detoksifikasi pada dasarnya membantu tubuh Anda mengeluarkan beberapa racun dan kolesterol jahat karena kebiasaan makan yang buruk dan kurang olahraga. Dengan konsumsi bawang bombai bisa membantu.

Antioksidan

Beberapa sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan bawang bombai membantu tubuh menghasilkan antioksidannya sendiri. Ini adalah cara terbaik untuk membantu mencegah efek radikal bebas. Studi menunjukkan bahwa bawang bombai membantu tubuh menghasilkan Glutathione.

Pencernaan yang Sehat

Bawang bombai kaya akan serat makanan, yang bertindak sebagai pencahar alami dan memastikan pergerakan usus yang nyaman. Serat membersihkan usus dan membuang limbah dari tubuh. Bawang juga mengandung saponin yang membantu meredakan sakit perut dan kram.

Mengatasi Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi dan bisa menjadi penyakit yang fatal. Ada berbagai obat konvensional yang membantu menyeimbangkan dan menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh. Bawang bombai bisa sedikit membantu.

Manajemen Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyerang kapan saja jika menjalani gaya hidup tak sehat. Masalah terbesar dalam mengelola diabetes adalah mempertahankan kadar gula darah yang aman. Bawang bombai bisa membantu mengatur kadar gula darah dan sebagai pengganti garam untuk menambah rasa gurih. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *