Nekat Curi Inventaris Kodim, Sindikat Pencuri Diringkus Polisi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Lima pelaku sindikat pencurian lintas kabupaten berhasil diamankan aparat kepolisian, Senin (25/3/2019).

Kelima pelaku itu Saharuddin alias Dandi (27), Ramli Syahrir alias Botik (26), Jumadil Akhir alias Madil (39), Jufri alias Jack (34). Keempat pelaku itu merupakan warga Makassar yang merupakan eksekutor. Sedang Yusuf (64) merupakan penimbang emas sekaligus penadah.

Mereka diamankan oleh Tim Resmob Polres Bulukumba yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Bery Juana Putra, Kanit Resmob Aiptu Ardiman Yacop dibantu Tim Resmob Polda Sulsel, dan Kanit Resmob Polsek Manggala AIPDA Mannang.

Panit III Resmob Polda Sulsel, Ipda Sunardi mengatakan, pelaku menjalankan aksinya di BTN Bunga Citra Lestari Bulukumba dengan cara mencungkil pintu rumah bagian belakang lalu mengambil dua unit laptop Lenovo dan advance serta gawai dan emas seberat 8 gram.

Kata dia, korban pencurian itu merupakan staf di Kodim Kabupaten Bulukumba, sementara barang yang dicuri inventaris milik Kodim Bulukumba. “Kerugian materil korban ditaksir sekitar Rp25 juta,” katanya.

Dia menjelaskan, penangkapan pelaku dilakukan pada Minggu 24 Maret kemarin, sekitar pukul 21.00 Wita, Tim Resmob Polres Bulukumba menuju Makassar dalam rangka penyelidikan terhadap kasus tersebut. Sebab, salah seorang pelaku telah diamankan di Polsek Manggala, yakni Madil.

Dari keterangan Madil lah yang menyebutkan melakukan perbuatannya itu bersama rekan-rekannya. “Anggota Resmob mendapatkan identitas pelaku lainnya sehingga tidak menunggu lama tim melakukan pengembangan dan langsung menuju sasaran pelaku,” sebutnya.

Pelaku lain diamankan di Jl Tello baru Lorong 1 mengamankan Jack yang saat itu berada di dalam rumah kontrakannya kemudian tidak jauh dari rumah Jack, mengamankan Dandi beserta satu unit laptop. Kemudian anggota lainnya kembali bergerak menuju Jl Serigala dan berhasil mengamankan Ramli di dalam rumahnya beserta satu unit laptop merk juga.

Setelah diamankan, pelaku dibawa ke posko Resmob Polda Sulsel untuk diinterogasi awal. Dari hasil interogasi Jack bahwa barang bukti emas sebnyak 8 gram tersebut dijual kepada Yusuf. Tak berselang lama dia pun juga diamankan di rumahnya dan mengakui perbuatannya.

“Dari keterangan Yusuf bahwa benar ia telah membeli emas sebnyak 8 gram, namun itu sudah di jual lagi ke orang lain,” beber Sunardi. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment