Alasan Balas Hamas, Israel Gempur Jalur Gaza

FAJAR.CO.ID--Israel melakukan serangan roket terhadap wilayah Hamas di Jalur Gaza. Dilansir dari BBC pada Selasa (26/3), insiden itu terjadi beberapa jam setelah sebuah roket menghantam sebuah rumah di utara Tel Aviv yang diduga berasal dari Hamas.

Israel Defense Forces (IDF) mengatakan, kantor pemimpin politik Hamas dan markas intelijen Hamas menjadi target. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, tujuh orang terluka dalam serangan itu.

IDF sebelumnya menyalahkan Hamas. Sebab roket yang mereka luncurkan melukai tujuh orang di Israel. "Israel tidak akan mentolerir ini, saya tidak akan mentolerir ini," kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu kepada wartawan saat upacara di Washington di mana Presiden AS, Donald Trump secara resmi mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang direbut dari Suriah.

"Israel menanggapi dengan paksa agresi sewenang-wenang ini," tambah Netanyahu.

Trump mengecam serangan oleh Hamas itu sebagai serangan tercela. "AS mengakui hak mutlak Israel untuk mempertahankan diri."

Sejauh ini tidak ada kelompok militan Palestina yang mengatakan mereka menembakkan roket. Seorang pejabat Hamas yang tidak disebutkan namanya mengatakan, pihaknya tidak melakukannya.

Pada pukul 22:00 waktu setempat, para pejabat Hamas memberi tahu kantor-kantor berita bahwa gencatan senjata telah dicapai dengan bantuan para mediator Mesir. Insiden tersebut menjadi roket terjauh yang pernah dicapai di Israel sejak konflik 2014 di Gaza.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...