Pentingnya Berkumur dengan Mouthwash Setelah Menyikat Gigi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Penyakit gigi dan mulut termasuk dalam 10 besar penyakit yang banyak menjadi keluhan masyarakat Indonesia (Departemen Kesehatan: 2008). Temuan ini diperkuat dengan adanya hasil Riskesdas tahun 2013, yang menyatakan bahwa sekitar 25,9% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut tetapi hanya 31,1% yang menerima layanan kesehatan mulut.

Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi menjelaskan perawatan mulut dan gigi secara menyeluruh dan rutin adalah suatu kebiasaan yang perlu dilakukan sejak dini untuk menghindari terjadinya masalah gigi.

“Adapun beberapa masalah gigi yang sering terjadi adalah karang gigi, hipersensitif, periodontitis, dan radang,” kata drg. Yudha di Jakarta, Selasa (26/3).

Dalam hal ini, perawatan gigi dan mulut yang lengkap mencakup menyikat gigi, berkumur dan flossing. Namun, pada umumnya masyarakat hanya menyikat gigi dan masih sangat sedikit yang menyadari akan pentingnya berkumur menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi.

“Optimalisasi kebersihan mulut akan dicapai apabila kebiasaan berkumur selepas menyikat gigi dilakukan setiap hari,” kata drg Yudha.

Penelitian membuktikan bahwa sikat gigi hanya mampu membersihkan plak pada permukaan gigi berkisar 30-53% saja dan dengan menambahkan rutinitas berkumur, maka akan membantu melenyapkan sisa-sisa bakteri dan dapat melindung area mulut selama 12 jam.

Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi.

“Karenanya, untuk menyempurnakan proses menyikat gigi, membersihkannya dengan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari patut dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda,” kata dr. Yudha.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment