Preview Malta vs Spanyol: Momen Menguji Mata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TA’QALI—Spanyol akan melawat ke Malta di matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020. Setelah diturunkan pada menit akhir kontra Norwegia, laga di Ta’ Qali National Stadium, dinihari nanti jadi momentum mencoba bomber, Jaime Mata.

Penyerang debutan berusia 30 tahun dalam bentuk sensasionalnya bersama Getafe di La Liga. Ia mencetak 13 gol dan enam assist dalam 24 penampilan La Liga musim ini. Dengan lini depan yang kurang menggigit, Pelatih Spanyol, Luis Enrique tentu perlu memberi waktu pada Mata.

Pada laga sebelumnya, Enrique mempercayakan lini depannya kepada trisula; Rodrigo, Marco Asensio, dan Alvaro Morata. Di pertandingan ini, Ridrigo mencetak satu gol. Sementara Morata sebagai penyerang utama tidak mampu melesakkan gol meski melepaskan enam tembakan.

Tapi, Enrique tetap memuji penyerang Atletico Madrid itu. “Dia memiliki banyak peluang dan dia berada di tempat yang seharusnya. Dia tidak cukup beruntung tetapi dia memiliki pertandingan yang hebat, pertandingan terbaiknya dengan kami sejauh ini,” kata Enrique di Goal.

Meski begitu, sejak awal Enrique sudah mengakui bahwa Mata adalah salah satu penyerang yang paling siap di Spanyol saat ini. “Bukan hanya karena golnya. Dia memiliki sikap yang baik dan telah menunjukkan kualitas teknis yang luar biasa,” kata Enrique di Marca.

Laga kontra Malta ini memang mestinya bisa dijadikan Enrique sebagai ajang mencari komposisi terbaik. Pasalnya, head to head menunjukkan Tim Matador sangat superior. Dari enam duel terdahulu, mereka menyapu bersih kemenangan dengan mencetak 25 gol dan hanya kebobolan tiga kali.

Rekaman pertemuan itu membuat Spanyol tidak harus khawatir dan bisa melakukan sedikit eksperimen. “Kami akan tetap mencoba sesuatu yang baru, tetapi kami harus menang,” tegas Enrique di Marca.

Di kubu Malta, kemenangan atas Kepulauan Faroe yang mengakhiri penantian 13 tahun mereka untuk menang di kandang pada pertandingan kompetitif membuat mereka sangat percaya diri menyambut Spanyol. Walau tak mau muluk-muluk, mereka siap menghadapi Sergio Ramos dkk.

Pelatih Malta, Ray Farrugia menegaskan, mereka bisa mengalahkan Kepulauan Faroe karena berani dan itu juga harus mereka tunjukkan dalam duel ini. “Kami mengambil risiko karena kami percaya bahwa pendekatan ini akan bermanfaat bagi tim kami tidak hanya untuk saat ini tetapi juga untuk tahun-tahun mendatang,” kata Farrugia kepada Times of Malta.

Bek Malta, Steve Borg mengatakan bahwa ada banyak kepercayaan di kubu Malta saat ini. Ia juga menegaskan bahwa mereka sangat antusias menantikan duel kontra La Roja. “Pelatih telah menyatukan sekelompok pemain berbakat yang menunjukkan banyak kepercayaan. Semua orang berbicara tentang pertandingan kami melawan Spanyol,” ujarnya.

Pada laga ini, Malta tidak bisa diperkuat bek andalannya, Andre Agius karena menerima kartu merah di laga kontra Kepulauan Faroe. Sebagai penggantinya, pelatih diperkirakan akan memainkan Zach Muscat. Spanyol sementara itu tanpa masalah cedera dan sanksi. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Malta (4-3-3): Bonello; Borg, Caruana, Z. Muscat, Mbong; R. Muscat, Guillaumier, Fenech; Corbalan, Nwoko, Michael Mifsud

Spanyol (4-3-3): De Gea; Roberto, Ramos, Inigo, Alba; Ceballos, Saul, Canales; Rodrigo, Mata, Muniain

Head to head

12/02/97 Spanyol 4-0 Malta

18/1/2/96 Malta 0-3 Spanyol

22/03/89 Spanyol 4-0 Malta

22/01/89 Malta 0-2 Spanyol

21/12/83 Spanyol 12-1 Malta

15/05/83 Malta 2-3 Spanyol

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...