Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Lebih dari Sekedar Cantik

Rabu, 27 Maret 2019 - 14:13 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Melakukan kegiatan sehari-hari baik indoor maupun outdoor di negara beriklim tropis, memiliki tantangan tersendiri untuk kulit perempuan Indonesia, dimulai dari terkena paparan terik matahari, polusi udara, hingga berada di dalam ruangan ber-AC yang cukup lama.

Tanpa disadari, aktivitas keseharian tersebut jika dilakukan tanpa menjaga kesehatan kulit dengan penggunaan lotion setiap hari, ternyata memiliki dampak yang Iebih jauh terhadap kesehatan.

Banyak perempuan Indonesia hanya fokus menjaga kesehatan dan kecerahan kulit wajah, namun cenderung mengabaikan perawatan kulit tubuh secara keseluruhan.

Padahal, kulit merupakan lapisan terluar dan terluas yang melindungi tubuh kita dari lingkungan luar. Selain fungsi sebagai organ indera dan alat ekskresi, kulit membantu mempertahankan kelembapan dan untuk imunitas atau kekebalan tubuh.

Penggunaan lotion sifatnya tidak semata untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Lebih jauh lagi, penggunaannya sangat penting untuk kesehatan. Lotion mampu memberi nutrisi kulit dari luar dan menjaga kemampuan regenerasi kulit tetap baik.

“Olehnya itu, sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan sehat, karena kualitas kulit bukan hanya menentukan estetika penampilan namun juga memberikan perlindungan yang optimal,” kata dr. Kardiana Purnama Dewi Sp.KK pada peluncuran Marina UV White E Collagen Asta Hand Body Lotion di Kemang, Jakarta, Rabu (27/3).

Ia juga mengungkapkan, siklus regenerasi kulit seiring bertambahnya usia akan semakin melambat, sehingga dibutuhkan nutrisi ekstra. “Pemberian nutrisi melalui body lotion yang tepat akan menghasilkan kulit sehat yang kenyal dan cerah,” ujar dr. Kardiana.

Dikatakan fungsi kulit sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai alat perangsang, pengatur penguapan, ekskresi, absorpsi, dan penahan air yang akan tetap maksimal jika dijaga dengan pemberian nutrisi melalui body lotion yang tepat.

“Pilihlah produk perawatan yang memiliki kandungan yang menyehatkan dan gunakan secara rutin, karena kondisi kulit sehat tidak bisa didapatkan secara instan. Kulit yang sehat paling mudah diindikasikan dengan teksturyang kenyal jika disentuh dan warna yang cerah merata,” tambahnya.

Dijelaskan dr. Kardiana, kulit yang sehat bukan hanya membuat kita nyaman dalam beraktivitas tetapi juga terhindar dari penuaan dini. Faktanya penuaan kulit sudah dimulai sejak usia 20 tahunan, tentunya hal ini terjadi bukan semata karena faktor usia saja tetapi faktor kesehatan kulit juga sangat berpengaruh.

“Faktor lainnya seperti stress, asupan gizi, dan waktu istirahat juga akan memiliki dampak tidak langsung,” kata dr. Kardiana. Setidaknya, penuaan dini tersebut bisa kita cegah dengan membiasakan diri memberikan nutrisi sejak dini secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.