Ratusan Peserta Didik Ikuti Skrining Tajam Penglihatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Ratusan peserta didik SMPN 39 Bulukumba dan puluhan peserta didik dari beberapa SMP Negeri di Kecamatan Rilau Ale, Kecamatan Bulukumpa se-Kabupaten Bulukumba mengikuti pelatihan skrining tajam penglihatan, Rabu, 27 Maret 2019.

Kegiatan tersebut digelar Helen Keller Internasional (HKI) dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba.

105 orang pesera didik mengikuti program untuk mendeteksi sejak dini Kebutaan itu. Dengan begitu, mereka dapat memberi informasi kepada teman mereka. Dalam kesempatan ini pihak HTI memberikan Bantuan Kaca mata gratis untuk para peserta didik yang bermasalah dalam penglihatan.

“Kacamata salah satu alat bantu untuk membantu penglihatan. Bagi yang terdeteksi, disarankan tidak menggunakan kacamata koreksi yang tidak sesuai dengan kebutuhan,” jelas Sekretaris Iropin Pemda Sulsel, Andika Bayu.

Di sekitar kita banyak optik yang tidak berizin dan tidak mempunyai tenaga refraksionis. Hal tersebut tentu dapat merugikan para pengguna kacamata.

“Jika ada optik yang tidak ada tenaga kesehatan refraksi optisi, maka oknum itu melanggar UU Nakes no.36 tahun 2014 ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 8.00 sampai pukul 14.00 Wita. Kepala SMP Negeri 39, Dr Kasmawati Zainuddin SPd MPd sangat mengapresiasi kegiatan ini karena membantu para peserta didik untuk mengetahui kondisi penglihatan mereka.

Kegiatan ini juga diikuti puluhan tenaga guru dan tenaga kependidikan yang ada di SMPN 39 Bulukumba. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...