UD Gani Sejahtera, Berkembang Berkat Bantuan Koperasi LKM

FAJAR.CO.ID, PASANGKAYU -- Tak banyak pandai besi di Sulbar. Salah satunya adalah Abd Gani (33), pengrajin yang merasakan sukses usahanya dari bantuan koperasi.

UD Gani Sejahtera memiliki tiga karyawan. Gani sendiri terjun langsung bertindak sebagai kepala tukang yang memanaskan baja pipih, lalu ditempa tiga karyawannya secara bergantian.

Bengkelnya di Dusun Tanamoni, Desa Saruddu, Kecamatan Saruddu, Pasangkayu. Awalnya, bapak tiga anak ini bekerja siang malam membakar dan memukul besi. Sepanjang hari tanpa libur. Namun tak membuahkan hasil. Meski begitu, lelaki keturunan Wajo, Sulsel ini tak pernah putus asa.

"Baru setelah saya mengenal LKM, pola pikir saya terbuka," kata Gani di kediamannya yang berfungsi juga sebagai bengkel dan etalase penjualan, Selasa, 26 Maret. LKM dimaksud adalah Lembaga Keuangan Mikro Mitra Surya Sejahtera (LKM MSS), yang dibentuk PT Astra Agro Lestari (AAL) untuk mengarahkan potensi masyarakat sekitar pabrik dan kebun kelapa sawit agar bisa berkembang.

"Kerja siang malam juga tidak ada libur, tetapi tidak ada hasil saya lihat. Sejak kenal LKM, saya bisa beli kebutuhan bengkel, perluasan rumah dan menggaji karyawan," kata Gani.

Meski hanya tamat SD di Palembang, Sumatera Selatan, dia tidak minder menimba ilmu dari LKM MSS. Hingga ia mendapat ilmu soal pembukuan, cara menghitung laba dan bisa melihat hasilnya saat ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...