Ini Manfaat Jika Sering Konsumsi Alpukat

Kamis, 28 Maret 2019 - 10:17 WIB

FAJAR.CO.ID–Bukan rahasia lagi alpukat memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Alpukat dikategorikan sebagai makanan lemak baik yang dikemas untuk anti penuaan, antioksidan, dan memiliki hampir 20 vitamin dan mineral berbeda.

Salah satu studi tahun ini menemukan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki asupan serat, vitamin E, K yang lebih tinggi, magnesium, dan kalium. Berikut 5 hal yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi alpukat, dilansir Health, Kamis (28/3).

Meningkatkan Rasa Kenyang

Makan lemak yang baik membantu memperlambat pengosongan perut, yang membuat kenyang lebih lama, dan menunda kembalinya kelaparan. Penambahan setengah alpukat untuk makan menghasilkan peningkatan signifikan dalam rasa kenyang dan berkurangnya keinginan untuk makan hingga lima jam.

Menurunkan Berat Badan

Masih banyak anggapan bahwa makan lemak membuat gemuk, tapi kenyataannya adalah mengonsumsi jenis lemak yang tepat sebenarnya adalah strategi penurunan berat badan yang cerdas.

Selain meningkatkan rasa kenyang, lemak nabati seperti alpukat menyediakan antioksidan dan melawan peradangan, yang keduanya dikaitkan dengan manajemen berat badan. Itulah sebabnya penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki berat lebih sedikit dan memiliki pinggang yang lebih kecil.

Melindungi Jantung

Sebuah studi UCLA baru-baru ini juga mengungkap beberapa efek perlindungan jantung yang luar biasa dari konsumsi alpukat. Alpukat juga merupakan sumber kalium, nutrisi yang membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami untuk menyapu kelebihan natrium dan cairan dari tubuh, yang mengurangi tekanan pada jantung dan arteri.

Memberikan Nutrisi

Menikmati alpukat saat makan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Dalam sebuah penelitian di Negara Bagian Ohio, ketika pria dan perempuan mengonsumsi salad 2,5 sendok makan alpukat, mereka menyerap lebih dari 8 kali alfa-karoten dan 13 kali lebih banyak beta-karoten-fitonutrien yang diketahui dapat memerangi kanker dan penyakit jantung. Studi baru-baru ini menemukan bahwa memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel meningkatkan penyerapan vitamin A sayuran, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kulit, penglihatan, dan kekebalan yang sehat.

Memberikan Hidangan Gurih

Ganti mentega untuk resep seperti brownies dan cupcakes dengan setengah sendok makan alpukat. Pertukaran ini mengurangi kalori, meningkatkan kualitas nutrisi makanan, dan masih memberikan tekstur krim yang akan membuat merasa puas. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.