5.600 Personel Hingga Alat Pendeteksi Wajah Siap Amankan Debat Keempat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamanan debat keempat yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3) besok akan dilakukan secara ketat. Adapun dalam debat kali ini hanya akan mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, sebanyak 5.000 personel Polri dan 600 prajurit TNI dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Untuk polanya sama seperti sebelumnya yakni dibagi menjadi empat ring.

“Hari minus satu (di ruang debat) sudah dilakukan sterilasiasi,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/3).

Pengamanan dengan teknologi juga dilakukan. Kepolisian memasang CCTV mobile di beberapa mobil khusus untuk memonitor situasi debat yang berada di luar atau di sekitar lokasi. Tak ketinggalan dengan alat face recognition atau pendeteksi wajah di venue.

“CCTV mobile itu kami taruh di mobil-mobil patroli polisi. Juga face recognition. Debat keempat kami akan lebih waspada lagi,” beber Dedi.

Artinya kata jenderal bintang satu itu, pengamanan untuk debat keempat capres akan berlangsung maksimal. “Kami juga sudah mencoba mitigasi kerawanan yang mungkin terjadi saat debat capres,” pungkas Dedi.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...