Kondisi Bromo Kondusif, Wisatawan Tetap Diimbau Jauhi Kawah

0 Komentar

Kondisi terkini Gunung Bromo, Jumat (29/3). (Fiska Tanjung/JPC)

FAJAR.CO.ID, PROBOLINGGO – Meskipun masih berada di level II atau waspada, kondisi Gunung Bromo saat ini terbilang kondusif. Tidak seperti saat terjadi erupsi sebelumnya. Namun, wisatawan maupun masyarakat tetap dimbau agar tidak mendekati kawah Bromo.

“Kondisinya semakin kondusif, tetapi larangan mendekati kawah dengan radius aman satu kilometer masih harus dipatuhi wisatawan maupun warga sekitar,” ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat, Jumat (29/3).

Berdasarkan pemantauan terakhir, kawasan Gunung Bromo terpantau cerah dan berawan. Sementara angin bertiup lemah ke arah Timur Laut, Timur, Tenggara, dan Barat Laut dengan suhu udara 10 hingga 15 derajat celcius. Secara visual, gunung terlihat jelas hingga kabut 0-II.
“Asap kawah bertekanan lemah, hingga sedang teramati berwarna putih dan coklat dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi seratus hingga enam ratus meter di atas puncak kawah,” jelasnya.

Sarif menambahkan, saat ini hujan abu tipis disekitar Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Bromo masih terjadi. Gempa tremor menerus (Microtremor) juga masih terekam dengan amplitudo 0.5-18 milimeter. “Bau belerang ringan terasa di sekitar PPGA Bromo,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah letusan sempat terjadi di Gunung Bromo beberapa waktu lalu. Pada Senin (18/3) pukul 00.00 WIB – 24.00 WIB, terjadi 28 kali letusan dengan amplituda 25 – 34 mm selama 17 – 889 detik.

Tremor menerus amplitudo 0,5 – 30 mm, dominan 2 mm. Tinggi kolom abu vulkanik berkisar 500 hingga 1.500 meter. Selanjutnya pada Selasa (19/3) pukul 06.00 WIB – 12.00 WIB, sudah terjadi 5 kali letusan.
Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 900 – 1.500 meter dari puncak kawah. Hujan abu terlihat di pos pengamatan Gunung Bromo. Bahkan, terdengar suara gemuruh dan dentuman dari kawah.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...