Modus Gandakan Uang, Nenek 61 Tahun Sudah Tipu Empat Orang

Jumat, 29 Maret 2019 - 17:33 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Seorang perempuan lanjut usia (lansia), Tampa (61) terpaksa harus diamankan oleh polisi. Pasalnya, ia telah menipu hingga empat orang korban dengan iming-iming menggandakan uang.

Keempat korban itu yakni Hapsa, Murni, Wiwi, dan Ferdinand. Tak tanggung-tanggung, mereka kena tipu dengan angka ratusan juta rupiah dari tempat yang berbeda-beda. Sebut saja, ibu dan anak, Hapsa dan Sukmawati yang merupakan warga Makassar.

Kapolsek Bontoala, Kompol Saharuddin menjelaskan, Sukmawati telah menyetorkan uang Rp350 juta kepada Tampa, 2017 silam. Iming-imingnya, uang itu akan kembali dengan jumlah berlipat ganda. Sayangnya, setoran itu justru tak ketahuan rimbanya selama dua tahun berselang.

Tampa malah kembali meminta uang Rp200 juta sebagai mahar agar uang hasil penggandaan itu bisa segera diambil. Ia mengklaim uang itu sudah beranak-pinak jadi Rp5 miliar.

“Dijanjikan uang hasil penggandaannya sudah ada Rp5 miliar. Korban (Hapsa, red) pun tergiur dan mengantarkan uang itu (mahar Rp200 juta) ditemani kemenakannya kepada pelaku yang sedang berada di Jakarta,” terang Saharuddin, Jumat, 29 Maret.

Mereka bertemu di Terminal Rambutan. Nahasnya, Tampa ternyata hanya berbual. Ia sama sekali tak membawa uang yang dijanjikannya itu. Korban pun baru sadar telah ditipu mentah-mentah selama dua tahun.

Kadung kesal, korban menggelandang pelaku untuk ikut ke Makassar. Ia melaporkannya langsung ke Polsek Bontoala. Tanpa basa-basi, polisi langsung mengamankan pelaku beserta barang bukti berupa handphone dan rekening atas nama pelaku. (mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.