Waspada, Kutil Kelamin Bisa Sebabkan Kanker

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kepedulian terhadap penyakit kutil kelamin. Data WHO 2012 menunjukkan, tingkat kejadian penyakit ini cukup tinggi, yaitu satu kasus baru kutil kelamin didiagnosa setiap detiknya dan sekitar 89.192 kasus baru kutil kelamin didiagnosa di dunia setiap harinya.

Deteksi dini, diagnosis yang tepat, kepatuhan berobat serta berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman merupakan faktor keberhasilan pengobatan penyakit ini.

Kutil kelamin atau genital warts merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6, 11, 30, 42, 43, 44, 45, 51, 52 dan 54 dan merupakan ko-faktor kanker yang akan berdampak serius terhadap kesehatan seseorang. Kurangnya informasi mengenai penyakit ini merupakan salah satu kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebagian besar masyarakat masih enggan atau malu berobat bahkan tidak tahu harus kemana berkonsultasi. HPV adalah virus penyebab IMS yang paling umum. Menurut data Amerika July 2017, sebanyak 79 juta penduduk, kebanyakan berusia akhir belasan dan awal 20-an, telah terinfeksi HPV.

"Sebagian kecil infeksi dengan tipe HPV tertentu dapat bertahan dan berkembang menjadi kutil kelamin dan kanker serviks. Jenis HPV yang tidak menyebabkan kanker, terutama tipe 6 dan 11, merupakan jenis yang sering menyebabkan kutil kelamin," jelas dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter Klinik Pramudia pada temu media di Jakarta, Kamis (28/3).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...