Preview Barcelona vs Espanyol: Sesumbar Tim Tamu

Sabtu, 30 Maret 2019 - 09:59 WIB
Latihan Lionel Messi dan kawan-kawan jelang derby Catalan/Marca

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Derby Catalan kontra Espanyol menjadi laga perdana Barcelona pasca jeda internasional. Raksasa Catalan favorit, namun mereka tetap harus menghormati sang tetangga.

Meski terpaut jauh di klasemen, Espanyol yang kini di posisi ke-13 cukup “berisik” menjelang derby ini. Anak asuh Joan Francesc Ferrer Sicilia alias Rubi bahkan percaya diri bisa mencuri poin di Camp Nou, malam nanti.

Penyerang Espanyol, Sergio Garcia menegaskan, Rubi tahu bagaimana caranya untuk bisa menang di Camp Nou. Karena itu, penyerang berusia 35 tahun itu menyatakan keyakinannya pada peluang timnya untuk meraih tiga poin melawan Blaugrana.

“[Rubi] memiliki ide yang sangat jelas tentang bagaimana melakukan kerusakan dan menang di sana, dan kami yakin bahwa kami dapat memenangkan pertandingan. Kami sadar bahwa ini sangat sulit di stadion mereka, tetapi kami ingin dan yakin bahwa kami dapat membahayakan mereka dan kami akan pergi dengan mentalitas mendapatkan tiga poin,” kata Garcia di Marca.

Selain taktik Rubi, Garcia juga menyebut pentingnya bermain dengan sempurna dan menjaga konsentrasi sepanjang pertandingan di Camp Nou. “Kita seharusnya tidak melakukan kesalahan dan kita harus sangat fokus selama 90 menit,” tegasnya.

Sebagai senjata memenangi derby, Garcia menyebut nama Wu Lei. Penyerang asal Cina itu telah mengejutkan banyak orang dengan penampilannya yang mengesankan sejak bergabung dengan Espanyol pada Januari. Untuk laga ini, Wu Lei akan mendampingi top skor Espanyol, Borja Iglesias.

“[Wu Lei] adalah pemain hebat dan dia menunjukkannya di liga dan di sini. Semua pemain kompatibel dan yang penting adalah menyumbang banyak hal kepada tim. Saya berharap dia terus tumbuh bersama kami, menunjukkan kualitas yang dia miliki dan bahwa dia bisa memberi kita banyak,” ujar Garcia.

Top assist Espanyol, Oscar Melendo sepercaya diri rekannya. Gelandang yang telah menyumbang empat assist tersebut menegaskan target mereka ke Camp Nou adalah tiga angka. “Tujuan Espanyol selanjutnya adalah menang di Barca. Itu harus menjadi tujuan utama,” kata Melendo di SPORT.es.

Walaupun unggul 10 poin atas Atletico Madrid di puncak klasemen, Barca jelas tidak akan membiarkan ambisi tetangganya kesampaian. Pelatih Barca, Ernesto Valverde sejak awal sudah menegaskan mereka harus terus menambah poin jika ingin juara. “Kami harus berhati-hati. Ini liga dan kami harus berhati-hati karena ada ruang bagi tim untuk mengejar ketinggalan, kami harus terus maju,” tegas Valverde.

Seperti biasa, Gerard Pique menjadi aktor antagonis jelang derby ini dengan komentar pedasnya pada sang rival sekota. Setelah menyindir penggemar Espanyol yang menurutnya sangat kreatif dan jenius dengan lagu-lagunya, ia menyinggung keuangan mereka. “Saya bisa memberi tahu Anda bahwa saya memiliki lebih banyak aset daripada anggaran Espanyol musim ini,” ucap Pique di salah satu program Movistar yang mengejutkan publik.

Lionel Messi yang kini memimpin daftar top skor La Liga dengan 29 gol diklaim bisa bermain di laga ini bersama Luis Suarez meski sebelumnya mereka cedera. Sedangkan Ousmane Dembele dilaporkan akan absen. Di kubu Espanyol yang kalah 0-4 di putaran pertama, mereka akan kehilangan Pablo Piatti, David Lovez, Facundo Fereyra, dan Sergi Darder. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquest, Arthur; Messi, Suarez, Coutinho

Espanyol (4-3-3): D. Lopez; Rosales, Hermoso, Naldo, Vila; Granero, Roca, Melendo; Perez, Iglesias, Wu Lei

Head to head

08/12/18 Espanyol 0-4 Barcelona

07/03/18 Barcelona 0-0 Espanyol

04/02/18 Espanyol 1-1 Barcelona

25/01/18 Barcelona 2-0 Espanyol

17/01/18 Espanyol 1-0 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Barcelona

17/03/19 Real Betis 1-4 Barcelona

13/03/19 Barcelona 5-1 Lyon

09/03/19 Barcelona 3-1 Rayo Vallecano

02/03/19 Real Madrid 0-1 Barcelona

27/02/19 Real Madrid 0-3 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Espanyol

17/03/19 Espanyol 0-1 Sevilla

08/03/19 Athletic Bilbao 1-1 Espanyol

02/03/19 Espanyol 3-1 Real Valladolid

22/02/19 Espanyol 1-1 Huesca

17/02/19 Valencia 0-0 Espanyol

KEY PLAYERS

BARCELONA

Top ratings: Lionel Messi: 8,6

Top skor: Lionel Messi: 29

Top assist: Lionel Messi: 12

ESPANYOL

Top ratings: Mario Hermoso: 6,94

Top skor: Borja Iglesias: 11

Top assist: Oscar Melendo: 4

DATA DAN FAKTA

Barcelona telah memenangkan 13 dari 15 pertandingan terakhir mereka di La Liga.

Espanyol seri dalam 3 pertandingan tandang terakhir mereka di La Liga.

Barcelona tidak terkalahkan dalam 21 dari 23 pertandingan terakhir mereka melawan Espanyol di semua kompetisi.

Barcelona mencetak setidaknya 2 gol dalam 9 dari 10 pertandingan kandang terakhir mereka di La Liga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.