Kota Marina Kick Off, Menpar Harap KEK Pariwisata Selayar Segera Terwujud

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SULSEL – Memiliki potensi berkembang sebagai kota Marina Kick Off, perencanaan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kepualauan Selayar, Sulawesi Selatan berlangsung di Pandopo Bupati Kepulaun Selayar pada, Selasa (26/3) pekan kemarin.

Perencanaan pengembangan KEK Pariwisata Kepulaun Selayar itu dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan didampingi Bupati Selayar M. Basli Ali, perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan Asisten Ekonomi Pembangunan Muhammad Firda, serta rombongan pejabat Kementerian Pariwisata. Terlihat juga sejumlah investor diundang dalam acara beragendakan paparan usulan KEK Pariwisata Selayar dan penyerahan dokumen lengkap itu.

KEK Pariwisata Selayar diusulkan oleh PT Selayar Kepulauan Lestari, lokasi di Kabupaten Kepulauan Selayar dengan luas 529 Ha yang terbagi dibeberapa pulau. Selayar memiliki potensi wisata yang besar, melalui sektor pariwisata akan dapat mensejahterakan masyarakat.

“KEK diperlukan untuk membangun berbagai eminitas di dalamnya. KEK memiliki sejumlah keuntungan diantara mempermudah keuntungan ada insentif fiskal, tanahnya clean and clear, serta mensejahterakan masyarakat setempat. Pembangunan hotel di Kepulauan Selayar juga memakan waktu lama, untuk itu saya sarankan nomadic tourism sebagai solusi dengan pembangunan homepod. Saya doakan agar tahun ini KEK Kepulauan Selayar segera terbentuk,” kata Menpar.

Untuk atraksi Selayar sudah memiliki Taman Nasional Takabanorate yang sudah masuk UNESCO Biosphere Reserve. Selayar juga bisa dijadikan Hub untuk yachts dan cruise, karena sejak dulu Selayar menjadi jalur pelayaran dan tempat singgah para pelaut. Selayar juga memiliki spesis flora dan fauna yang unik. “Peningkatan pendapatan dan lapangan kerja dengan berbagai potensi Kepulauan Selayar dapat menjadi distinasi wisata kelas dunia,” ucap Menpar.

Lebih lanjut Menpar, bagaimana cara menjadikan Kepulauan Selayar sebagai destinasi kelas dunia. “Untuk menjadikan desnitasi kelas dunia harus dibangun 3 A di Kepulauan Selayar. Untuk atraksi Kepulauan Selayar tidak diragukan ada Taman Nasional Laut Taka Bonerate yang dicalonkan sebagai situs warisan dunia ke UNESCO sejak 2005. Wilayah ini juga direncanakan sebagai hub yacht dan cruise. Selain itu, flora dan faunanya tidak kalah dengan Wakatobi,” jelas Mempar.

Untuk eksebilitas, Selayar perlu memiliki bandara internasional karena ini menjadi syarat desnitasi kelas dunia. Sea plane juga harus dioperasikan di Selayar. Positioning Selayar untuk high and market sehingga mereka akan mampu membayar sea plane. Mempar juga mendorong para investor untuk.

“Investasi membangun Marina. Jika punya Marina, Regatta yang berkeliling Indonesia akan dilewatkan ke Selayar,” jelas Menpar.

Untuk Amenitas, cara cepat membangun destinasi kelas dunia adalah melalui KEK, kare perizinan dipermudah melalui PTSP, mendapat insentif fiskal, dan akan menjadi priorotas Pemerintah Puat dengan dibangunnya utilitas dasar, dan sarana prasarana lain. (hms/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...