April Mop, Keisengan untuk Mendatangkan Keceriaan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Tradisi menjahili orang biasa dilakukan saat 1 April alias “April Mop”. Bukan hal wajib atau tradisi spesial, namun April Mop yang dikenal dengan April Foool’s Day, dirayakan hanya untuk mendatangkan keceriaan. Setiap orang tak boleh cemberut atau marah jika mendapat keisengan di hari ini.

Dilansir dari Newsweek, Senin (1/4), selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah menggunakan 1 April sebagai alasan bermain trik dan lelucon pada teman-teman mereka. Tak boleh marah, karena semua dilakukan atas nama April Mop.

Salah satu teori soal Hari April Mop, momen ini dimulai pada 1582 setelah Paus Gregorius XIII memerintahkan bahwa Kalender Gregorian diganti dengan Kalender Julian. Perubahan itu berarti bahwa Tahun Baru dipindahkan di Perancis dari 1 April hingga 1 Januari tahun itu.

Ketika orang-orang di Perancis terus merayakan tahun baru di bulan April, sebagian orang menganggap perubahan itu sebagai April Fools. Seperti dicatat oleh InfoPlease, sejarah menjelaskan bagaimana tradisi menyebar ke seluruh Eropa dan seluruh dunia barat. Inggris juga tidak mengadopsi kalender baru sampai 1752, di mana tradisi diyakini telah ada di sana selama ratusan tahun.

Menurut teori cerita rakyat lainnya, Hari April Mop dimulai pada abad ke-13, ketika penduduk Gotham mulai bertindak gila untuk menakuti orang-orang anak buah Raja John, yang datang mengunjungi kota untuk menilai apakah raja harus memperoleh tanah sesuai laporan Historic UK.

Namun teori lain yang diperdebatkan adalah bahwa asal-usul April Mop berasal dari buku Geoffrey Chaucher 1392 The Canterbury Tales. Garis yang dimaksud adalah ’32 Maret, yang dianggap sebagai lelucon karena tidak ada 32 Maret, tetapi ada beberapa orang di abad pertengahan yang mengklaim itu salah cetak.

Teori-teori lain seputar asal-usul April Fools juga terdapat sejak zaman Roma Kuno. Selama perayaan akhir musim dingin yang berlangsung pada tanggal 25 Maret, orang juga mulai suka bermain-main dan saling mengolok-olok satu sama lain.

Apa pun asalnya, Hari April Mop berevolusi sedemikian rupa. Beberapa lelucon April Fools juga saat ini semakin variatif.

Biasanya permainan dilakukan oleh anak-anak dan remaja untuk menunjukkan keakraban mereka. Salah satu kelompok pasti sudah menetapkan sasaran target siapa yang akan dikerjai. Hal itu dilakukan tepat di tanggal 1 April atau dikenal dengan sebutan April Mop. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...