Ingin Jantung Sehat dan Cegah Kanker? Minum Jus Ini

Senin, 1 April 2019 - 09:46 WIB

FAJAR.CO.ID–Minum jus seledri saat ini masih menjadi tren. Sejumlah kalangan selebriti ataupun influencer ramai mengunggah resep dan kebiasaan minum jus seledri yang menyehatkan sebagai detoksifikasi. Selain itu, dianggap bisa menurunkan berat badan. Benarkah seledri efektif untuk diet?

Dilansir dari Today, Senin (1/4), seorang Ahli Gizi dan Penulis, Kristin Kirkpatrick mengulas kandungan gizi pada seledri. Menurutnya, seledri mengandung vitamin C dan K dalam jumlah yang mengesankan, serta folat dan kalium. Seledri dipercaya bisa melelehkan lemak perut, memberikan energi, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membuat kulit bercahaya. “Itu hanya tren atau benar-benar bisa efektif?,” jelasnya.

Penelitian menunjukkan, seledri dapat membantu melawan kanker dan penyakit hati, mengurangi peradangan (terutama untuk penyakit yang berhubungan dengan otak) dan meningkatkan kesehatan jantung. Seledri mengandung flavonoid (fitonutrien kuat dengan sifat antioksidan) yang berlimpah. Dengan hanya 7 kalori, dan kaya serat, seledri juga bisa menjadi salah satu solusi untuk rencana penurunan berat badan.

“Namun, jika seledri digunakan untuk menurunkan berat badan dan melawan penyakit seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, tidak secepat itu,” katanya.

Kristin menilai seledri hanyalah salah satu opsi dalam tren yang sedang booming. Sedangkan organ hati Anda akan menangani semua kebutuhan detoksifikasi, selama memperlakukannya dengan benar.

“Ketika seledri diekstrak, salah satu yang paling tinggi kandungannya adalah serat. Itu salah satu alasan mengapa seledri membantu penurunan berat badan. Serat membuat seseorang lebih kenyang, lebih lama dan juga berkontribusi terhadap kesehatan usus,” ungkapnya.

Memang tetap ada gula yang ditemukan dalam seledri meskipun jumlah totalnya rendah. Banyak pula pilihan lain untuk mencampur seledri dengan campuran lainnya agar rasanya lebih enak.

“Sebagai ahli gizi, jus seledri sama sekali tidak buruk bagi Anda. Itu jelas merupakan pilihan yang lebih baik daripada soda atau minuman manis lainnya, dan dianggap aman. Jus seledri bisa menjadi tambahan yang bagus selain buah-buahan, sayuran, lemak sehat, biji-bijian dan sumber protein tanpa lemak. Namun tak ada minuman yang bisa menggantikan gizi terlengkap selain makanan gizi seimbang,” tegasnya. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.