Manfaat Kesehatan Biji Jeruk yang Harus Anda Ketahui

Selasa, 2 April 2019 - 10:45 WIB

FAJAR.CO.ID – Manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh buah-buahan berwarna oranye sudah tidak diragukan lagi. Lezat, berair, dan kenyal, buah jeruk adalah pembangkit energi dan penyegaran. Setiap bagian dari jeruk, dari ampasnya hingga kulit memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikiran Anda.

Tetapi Anda telah kehilangan satu hal dan itu adalah dampak positif biji jeruk terhadap kesehatan Anda. Wajar bagi setiap orang untuk membuang bijinya, terutama mengingat rasanya yang pahit dan asam. Biji jeruk memiliki sebagian besar sifat gizi buah jeruk. Biji jeruk kaya akan vitamin C, vitamin B6, magnesium, asam lemak omega-3 dan serat. Ini juga mengandung asam palmitat, asam oleat, dan asam linoleat.

Dilansir dari laman Boldsky berikut 11 manfaat biji jeruk bagi kesehatan yang tidak semestinya diabaikan.

1. Melawan sel-sel radikal

Kaya akan vitamin C seperti buahnya, biji jeruk dapat membantu menghilangkan sel-sel radikal yang menyebabkan kerusakan pada DNA Anda. Mereka juga dianggap memiliki dampak yang efektif pada pengurangan risiko kanker usus besar karena kandungan vitamin.

2. Tingkatkan energi

Biji jeruk dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Asam palmitat, oleat, dan linoleat dalam biji berkontribusi untuk mempercepat tingkat energi dalam tubuh Anda dan memungkinkan penyimpanan energi dalam sel. Jadi, lain kali Anda merasa lelah dan lesu tanpa alasan, belikan diri Anda beberapa biji jeruk untuk mendapatkan tambahan energi instan.

3. Kelola tekanan darah

Biji jeruk dinyatakan memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan tingkat tekanan darah Anda. Kaya akan vitamin B6, mereka membantu produksi hemoglobin dan karena kandungan magnesium, mereka memainkan peran penting dalam mengelola tingkat tekanan darah Anda dan menjaganya agar tetap di luar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya akan antioksidan, biji jeruk dapat meningkatkan kekebalan Anda. Vitamin C dalam biji membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsinya, melindungi tubuh Anda dari racun dan penyakit eksternal.

5. Mengurangi risiko kanker

Kehadiran D-limonene dan vitamin C dalam biji membantu menurunkan risiko kanker. Senyawa D-limonene membantu membatasi dan mencegah timbulnya kanker paru-paru, kanker kulit, dan bahkan kanker payudara. Demikian juga, antioksidan yang ditemukan dalam biji jeruk meningkatkan kekebalan Anda dan membangun lapisan pelindung terhadap sel-sel kanker. Kandungan serat dalam buah juga dinyatakan bermanfaat dalam memerangi kanker.

6. Mencegah sembelit

Kandungan serat dalam biji dapat diberikan untuk properti ini. Bijinya mengandung serat larut dan tidak larut, yang akan membantu menjaga fungsi usus dan lambung tetap halus. Ini juga mencegah sindrom iritasi usus dan menghindari sembelit karena membantu dalam membuang limbah pada interval yang benar.

7. Kurangi kolesterol

Fitokimia yang dikenal sebagai limonoid hadir dalam biji sangat bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterol Anda. Mereka membantu dalam mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Serat larut dalam biji juga memainkan peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat Anda.

8. Meningkatkan kualitas kulit

Kaya akan antioksidan, biji buah dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Ini membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas yang diakibatkan penuaan. Benih membantu mengurangi noda, flek hitam dan bahkan kerutan.

9. Meningkatkan kualitas rambut

Kehadiran vitamin C dan bioflavonoid dalam biji jeruk bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda karena mereka meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Ini, pada gilirannya, menghasilkan rambut yang kuat dan sehat. Asam folat yang ada dalam biji jeruk mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuatnya dari ujung akar. Ini juga merupakan kondisioner yang baik.

10. Meningkatkan penglihatan

Senyawa karotenoid yang ditemukan dalam biji jeruk dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda. Ini juga membantu mencegah degenerasi makula.

11. Kontrol kadar gula

Kandungan serat dalam biji jeruk dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda terkendali. Gula sederhana dalam biji tidak berbahaya dan jejak gula alami fruktosa membantu menjaga kadar gula darah dari kenaikan terlalu tinggi [6] . Beberapa manfaat kesehatan lain yang ditawarkan oleh biji jeruk adalah membantu dalam memerangi infeksi virus, menurunkan risiko penyakit, meningkatkan kesehatan jantung, dapat mencegah penyakit ginjal dan risiko kanker hati. Meskipun ini telah dinyatakan, penelitian yang luas harus dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Peringatan

Mengonsumsi terlalu banyak biji jeruk dapat menyebabkan masalah perut. Karena kandungan sianida, disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak biji jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.