7 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

FAJAR.CO.ID--Buah semangka memiliki rasa yang segar, banyak airnya, dan manis. Kaya dengan vitamin C, semangka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Well And Good, Selasa (2/4), meski manis, kandungan gula semangka relatif rendah dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Satu cangkir semangka potong dadu memiliki 9 gram gula. Itu masih lebih rendah dibanding secangkir mangga (23 gram), pisang (18 gram), atau bahkan apel (11 gram).

Selain itu, makan semangka juga bisa mendapatkan banyak sekali nutrisi, dari antioksidan hingga serat dan kalium. Nah, apa saja khasiat makan semangka?

Lawan Kanker

Semangka kaya akan lycopene yang melawan kanker. Rona merah muda dari antioksidan lycopene adalah nutrisi anti kanker yang dapat dikonsumsi mentah dan tersedia secara biologis.

Untuk Penglihatan

Semangka juga kaya akan vitamin C. Bukan hanya jeruk dan stroberi sebagai satu-satunya buah dalam gudang vitamin C. Semangka adalah sumber vitamin yang baik. Satu buah semangka memiliki sekitar 23 mg vitamin C, yang merupakan sekitar 30 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin C berperan penting dalam membantu tubuh membentuk kolagen, menjaga kulit tetap sehat, dan penglihatan tetap tajam.

Sumber Hidrasi dan Serat

Sumber hidrasi dan serat. Semangka adalah sumber kalium yang baik (penting untuk fungsi otot). Hanya satu irisan semangka memiliki 320 mg kalium, sekitar 12 persen dari kebutuhan harian. Buah ini juga mengemas asam amino yang disebut L-citrulline.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...