Jokowi Ajak Petani Gunakan Peralatan Modern

Rabu, 3 April 2019 - 15:21 WIB

Jokowi saat menghadiri silaturahmi petani dan pengusaha penggilingan padi di GOR Diponegoro, Sragen, Jateng, Rabu (3/4). (Ari Purnomo/JPC)

FAJAR.CO.ID, SRAGEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh petani di Indonesia agar beralih menggunakan peralatan modern. Penggunaan peralatan modern diklaim akan mampu meningkatkan hasil pertanian. Selama ini para petani masih menggunakan teknik atau cara tradisional, salah satunya dalam hal penjemuran padi.

“Dari saya kecil sampai sekarang, saya melihat kalau habis panen pasti dijemurnya di jalan-jalan. Nggih mboten (Ya atau tidak, Red)?” ucap Jokowi saat menghadiri silaturahmi petani dan pengusaha penggilingan padi di GOR Diponegoro, Sragen, Jateng, Rabu (3/4).

Menurut Jokowi, sudah saatnya para petani beralih menggunakan peralatan modern yang tersedia. Sehingga para petani akan mampu meningkatkan hasil pertanian.

Salah satu peralatan yang dibutuhkan oleh para petani adalah pengering atau dryer. Jokowi mengatakan, keberadaan dryer begitu penting untuk mempercepat proses pengeringan padi hasil panen.

“Dryer itu tidak hanya untuk pengeringan padi, tetapi juga bisa untuk jagung bermasalah. Kualitas turun gara-gara apa?” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu penyebab turunnya kualitas karena penjemuran masih dilakukan secara tradisional. Jokowi menegaskan, Indonesia jangan sampai tertinggal dengan negara lain di bidang pertanian. Maka dari itu, mantan Wali Kota Solo itu mengajak semua petani agar segera beralih menggunakan peralatan modern dan meninggalkan pola pertanian lama.

“Masak negara kita kalah dengan tetangga urusan ekspor, urusan investasi, kalah dengan Malaysia, Singapura, Filipina dan juga dengan Vietnam dan Thailand. Kalau kita diam dan tidak mengubah, maka kita juga akan kalah dengan Laos dan Kamboja,” ucapnya.

Jokowi juga berjanji akan mengundang Gapoktan dan pengusaha penggilingan padi usai Pemilu mendatang. Hal ini ditujukan agar seluruh penggilingan padi mempunyai peralatan dryer. Sehingga bisa mendorong peningkatan produksi pertanian.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.