Menhub Masih Beri Kesempatan Maskapai Turunkan Tarif Pesawat

Rabu, 3 April 2019 - 20:51 WIB

FAJAR.CO.ID,JAKARTA— Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi masih memberikan kesempatan kepada maskapai penerbangan untuk merealisasikan menurunkan tarif pesawat. Pihaknya bakal terus memantau pergerakan tarif pesawat tersebut.

Sebagaimana diketahui, sejumlah maskapai sudah melakukan penurunan tarif dan memberikan diskon tarif. Adapun maskapai itu Garuda Indonesia, Lion Air hingga Sriwijaya Air.

“Saya berikan kesempatan ke mereka untuk menurunkan supaya mekanismenya berlangsung natural dan pasar. Supaya dewasa, supaya pemerintah enggak lakukan intervensi,” ujarnya di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/4).

Apabila maskapai tidak melakukan penurunan tarif, maka pihaknya bakal melakukan intervensi. Hal itu dilakukan demi melindungi konsumen seperti yang diamanatkan dalam undang-undang (UU).

“Tetapi dalam hal penerbangan tidak lakukan satu harga yang terjangkau ke masyarakat, kami terpaksa, sekali lagi kami terpaksa melakukan kewenangan kami dalam UU itu. Karena kami melihat masih ada ruang yang bisa diberikan ke masyarakat dari harga-harga yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Terkait tenggat waktu, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini tidak memberikannya. Sebab, saat ini maskapai sedang melakukan penyesuaian.

“Saya pikir ini berlangsung. Kan mereka rata-rata sudah berikan diskon setengah bulan. Kita lihat lagi nanti,” tandasnya. (jpc) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *