Deskripsikan Budaya Lewat Tangan Desainer

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Deretan desainer ternama mencatat nama mereka dalam Pagelaran Fashion Show Femme and CBFW di Four Point by Sheraton, yang dihelat pada 3–7 April.

Di pembukaan, beberapa desainer ikut memamerkan karyanya. Mayaratih salah satunya. Perempuan yang pernah mengharumkan nama Indonesia melalui karyanya di ajang bergengsi Miss Grand Interrnational Vietnam ini juga menampilkan karya terbarunya.

Kini di pagelaran Fashion Show Femme 2019, Mayaratih hadir dengan mengangkat tema “Butta” yang berarti tanah, dalam bahasa Makassar. Mayaratih mengusung kain aksara lontara yang memiliki filosofi yang indah menarik.

Perempuan yang terkenal berkat cukur bobnya ini, mengungkapkan jika rasa rindunya pada budaya Indonesia, yang selalu membuatnya mendapat inspirasi. Ia melestarikan budaya dan bisa diadaptasikan dalam industri fashion menjadi suatu karya yang lebih indah dari generasi ke generasi tanpa menghilangkan sejarah dan originalitasnya.

Mayaratih menambahkan bahwa karyanya ini sendiri terinspirasi dari bentuk Segi Empat atau disebut ” Sulappa’ Appa’. Baginya ini berprinsip pada dimensi mikrokosmos melalui proses kejadian manusia yang berasal dari “ Sulapa’ Appa’ “ yang terdiri dari empat unsur kehidupan yakni tanah, api, air, dan angin.

“Kita dan material disekitar kita sedang berproses untuk kembali kepada debu dan tanah dari mana kita berasal,” ungkapnya

Melalui karya desainer yang mengangkat tema kebudayaan ini, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan karya desainer ini mengeksplorasi budaya di Indonesia. Bahkan beberapa mengangkat culture Makassar melalui rancangan mereka.

Lanjut Dani sapaannya, inilah yang membuatnya menjadi pembeda dengan luar negeri. “Hadirnya Femme dan CBFW ini saangat membeeikan kontribusi baik di segi fesyen maupun ekonomi dan juga kebudayaan daerah,”ucapnya.

Selain Mayaratih turut hadir pula Hengki Kawilarang yang mengangkat motif baju bodo. Juga tak ketinggalan karya APPMI dan Indonesian Fashion Chambers. (wis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...