KPU Enrekang Gelar Simulasi Akbar Pemungutan Suara

Kamis, 4 April 2019 - 18:00 WIB
FAJAR.CO.ID, ENREKANG— Komis Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menggelar simulasi akbar pencoblosan Pemilu 2019 di Lapangan Abu Bakar Lambogo, Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang, Kamis (04/04/2019).
Simulasi akbar ini diikuti beberapa Pimpinan OPD, pengurus Parpol, Bawaslu, PPK, KPPS dan masyarakat umum.
Komisioner KPU Enrekang, Irwan Ibrahim mengatakan simulasi tersebut bertujuan agar semua pihak yang terlibat dalam pemungutan suara paham tata cara pemungutan suara, hingga perhitungan suara nanti. Pada simulasi ini, pihaknya menyiapkan satu TPS dan masing-masing 300 contoh surat suara.
“Baik surat suara DPRD Kabupaten, Provinsi, Pusat, DPD dan Pilpres untuk dicoblos. Dengan simulasi ini, masyarakat atau para pemilih bisa betul-betul memahami terkait jenis-jenis surat suara mulai dari tingkatan DPRD, DPD hingga Pilpres,” ungkapnya.
Kata Irwan, simulasi akbar sengaja dimunculkan beberapa permasalahan yang kerap muncul di TPS seperti pemilih tak bawa KTP ke TPS, dan lainnya. Masalah-masalah yang muncul kemudian dicarikan solusinya agar tidak mengganggu proses pemungutan suara.
“Ada pemilih yang lupa bawa KTP, ada surat suara yang tidak ditanda tangani KPPS dan sebagainya. Kita mau lihat proses dan mekanisme penyelesaian masalah. Jadi di TPS, panitia juga mesti terus mengulang-ulangi 5 surat suara agar pemilih makin paham,” tandasnya.(fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.