Mitsubishi Hadirkan Mobil Mungil Mirip Xpander di Jepang, Segini Harganya

Kamis, 4 April 2019 - 11:21 WIB

Tampilan Mitsubishi Wagon mungil tipe EK X yang menggoda (Dok.Carscoops)

FAJAR.CO.ID – Dua raksasa otomotif asal Jepang, Mitsubishi dan Nissan berkolaborasi mengembangkan mobil mungil. Mobil yang mulai dipasarkan di Jepang dengan nama eK Wagon ini tampil menggoda dengan wajah depan mirip Xpander dengan bentuk gril X-Motion. Hanya saja ada perbedaan pada spoiler dan lampu sein yang lebih sipit.

Dalam pengembangan model mobil mungilnya, Mitsubishi menghadirkan dua varian yakni eK Wagon dan eK X crossover. eK Wagon tampil lebih tradisional sementara eK X tampil lebih agresif dengan berbagai desainnya yang menarik.

Pada sisi interior keduanya memiliki kesamaan meskipun eK X menawarkan berbagai pilihan personalisasi termasuk desain dua-nada dengan opsi pemilihan bahan jok yang lebih nyaman. Kei car ini dibangun dengan platform baru bersama Nissan yang bakal menjadi model untuk pengembangan mobil kecil keduanya di masa mendatang.

Carscoops, beberapa waktu lalu mengungkap bahwa kedua Mitsubishi eK berbagi mesin bensin tiga silinder turbocharged 0,66 liter, dengan pembangkit listrik yang menghasilkan power 51 hp pada 6.400 rpm dan torsi 60 Nm pada 3.600 rpm yang dikawinkan dengan transmisi CVT baru dengan FWD standar atau AWD opsional.

Perbedaan lainnya adalah Mitsubshi eK Wagon, ditawarkan dengan mesin tanpa bantuan eksternal, semenatara eK X itu terhubung ke sistem mikro-hybrid yang lebih efisien dengan tingkat emisi yang sangat rendah. Namun, menghasilkan performa berkendara yang lebih kuat dan lebih mulus dibandingkan mesin konvensional yang berada di pasar.

Teknologi yang disematkan pada keduanya adalah sistem bantuan pengemudi jalur tunggal Mi-Pilot yang membantu pengemudi lebih safety di jalan raya. Teknologi ini membantu pengoperasian akselerator, rem, dan kemudi untuk mengurangi stres dan kelelahan pada saat melakukan perjalanan yang lebih jauh. Sistem lain yang tersedia termasuk Active Cruise Control, Lane Keep Assist, Control Grip, Multi Around Monitor, dan Digital Spion Mirror.

Mobil mungil futuristik ini dibanderol dengan harga mulai dari ¥ 1.296.000 atau Rp 166,1 juta untuk eK Wagon dan ¥ 1.414.800 atau Rp 181 juta untuk eK X, tidak termasuk pajak. Kehadiran Kei car Mitsubishi sebagai bagian strategis untuk membangun image kei car di Jepang yang saat ini dikuasai oleh Daihatsu.

Meski telah menjual model eK Wagon di Jepang, belum ada keterangan dari Mitsubishi terkait ekspansi produk baru ini ke luar negeri sebagai bagian dari pengembangan pasar sekaligus pengenalan mobil yang efisien dalam ukuran maupun ramah lingkungan.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *